Thursday 14 June 2018

Cerita SMA.....10

FITRIANA RAHAYU
[​IMG]


MEILIN ANG SANTOSO

[​IMG]



Tak terasa sudah tiga hari hukuman skorsing dari sekolah kujalani. Hari hari yang kujalani terasa sangat membosankan. Kalau aku ingat kembali kejadian empat hari yang lalu, aku merasa malu. Untungnya Eko dan keluarganya tidak membawa kasus ini ke polisi.

Ya, bapakku datang ke sekolah siang setelah kejadian pagi itu. Aku di omelin habis habisan sama bapak. Bahkan aku sempat di pukuli dan dihantam di depan guru dan kepala sekolah di ruangannya.

Sebagai hukuman dari bapakku, selama seminggu aku harus tinggal di rumah nenekku dan membantunya serta tidak diijinkan keluar malam bersama teman temanku.

Sore itu, setelah pulang sekolah aku langsung main ke rumah Arman dan menceritakan kejadian pagi itu. Arman sangat kaget mendengar ceritaku ditambah hukuman dari bapakku. Akhinya Arman mengentarkanku ke rumah nenekku.

Rumah nenekku berada di kampung di sebelah barat kotaku. Kota tua yang terkenal dengan pelabuhan tua jaman Belanda. Kampung yang dulunya dihuni oleh mayoritas pendatang dari Kalimantan Selatan, baik orang melayu maupun keturunan tionghoa dari kalimantan, makanya disebut dengan KAMPUNG BANJAR.

Sahabatku kadang datang kesini untuk sekedar ngobrol ataupun mengantarkan pelajaran untukku. Tapi yang tiap hari sepulang sekolah selalu datang ialah Arman.

Triana kemarin sempat datang bersama Arman mengantarkan catatan pelajaran untuk kusalin dan rencananya hari ini mereka berjanji akan datang dan akan jalan jalan ke pantai yang tak jauh dari rumah nenekku.

Kawal nyawa datang lagi kah hari ini? Bulahakan minum, bari inya wadai. Nyawa bajalan ke warung sana beli wadai.” (Temenmu datang lagi hari ini? Jangan lupa suguhin minum, belikan kue. Kamu ke warung sana beli kue)Ujar nenekku menegurku siang itu.

Oya.. aku dan keluargaku kadang masih menggunakan bahasa banjar yang kadang dicampur bahasa Indonesia untuk percakapan sehari hari.

Nggih nik.. kaina ulun keluar beli wadai” (Iya nek.. nanti aku keluar beli kue) jawabku.

Akhirnya kuputuskan untuk mengikuti saran nenekku, aku pergi membeli camilan untuk Arman dan Triana sekalian beli rokok. Aku berjalan kaki ke warung depan gang rumah nenekku.

Sesampainya di warung aku membeli beberapa camilan dan dua bungkus rokok. Saat hendak membayar aku melihat seorang gadis, mungkin kelas satu atau dua SMP di sebelahku. Dia sempat tersenyum padaku.

“Eh..koko yang sering maen ke rumah nenek yang rumahnya di belakang rumahku itu kan..?” tiba tiba gadis itu menegurku.

KOKO..? aku kok dipanggil koko sih sama nih anak, emang aku keliatan cina banget ya..pikirku.

“Eh..iya, tau darimana?” tanyaku bingung.

“Memey sering perhatiin koko kalo lagi jalan ke rumah neneknya. Udah ya ko.. Memey balik duluan” sahutnya sambil berjalan keluar warung kemudian menaiki sepeda mini butut berwarna biru.

Sekilas kuperhatikan cewek yang meninggalkan warung tadi. Tipikal cewek keturunan tionghoa, tubuh mungil, mata sipit dengan rambut pendek se dagu dan poninya.

Setelah selesai belanja, aku kemudian balik ke rumah nenekku. Di ujung gang, kembali kulihat cewek tadi masih diatas sepeda mininya seperti menungguku di depan gerbang rumahnya.

“Mampir dulu ko..” Sapanya sambil tersenyum.

“Makasih, lain kali aja. Udah siang ini” balasku sambil terus melangkah.

Tak berapa lama setelah dari warung, Arman dan Triana ternyata beneran datang sesuai janjinya. Kami sempat ngobrol ngobrol sambil bercanda di teras depan rumah.

Saat kami asik ngobrol tiba tiba kami dikejutkan oleh suara bel sepeda.

Kriing..kriing.. kulihat Memey lewat di depan rumah sambil tersenyum ke arahku kemudian berlalu.

“Jadi gimana sekolah..?” tanyaku membuka percakapan.

“Biasa aja sih.. ga ada yang istimewa. Eko udah masuk sekolah, tapi kayaknya sekarang dia jadi takut ketemu ama kita kita. Ane ga tau kenapa dia kayak gitu, biasanya sengak sekarang rada kalem kalo ketemu kita.” Jawab Arman menceritakan keadaan sekolah.

“Dian juga ane liat di kelas terus, jadi pendiam sejak ente ga masuk. Kayaknya dia udah putus benerasa sama Eko” lanjutnya.

“Kamu udah ketemu Dian sejak kita di kantin kemaren itu pak cik?” tanya Triana

Aku hanya menggeleng pelan. Kuperhatikan Triana sepert sedang memikirkan sesuatu.

“Nah.. kalo pacar ente yang satu ini sering nangis di kelas mikirin ente... Hehehe..” Canda Arman ke Triana dilanjut dengan cubitan sadis dari Triana ke arah perutnya.

“Jangan terlalu hyperbola deehh... perasaan kamu juga blingsatan kalo pas jam pelajaran bu Ainun ga ada yang dicon...” ucap Triana tiba tiba terhenti karena..

Kriing..kriing.. lagi lagi Memey lewat di depan kami sambil memberikan senyum manisnya.

“Siapa sih itu pet dari tadi bolak balik terus? Lumayan juga tuh” tanya Arman yang mulai memperhatikan Memey.

“Tau.. tadi sih katanya namanya Memey.. anak tetangga sini kayaknya. Masih SMP tuh.. masih kecil” jawabku.

“Iiihh... Arman seleranya anak SMP..” Sambung Triana.

Siang itu kami hanya bercanda menghabiskan waktu. Kami akhirnya hanya duduk di teras depan rumah nenekku, ga jadi ke pantai karena alasan Triana ingin cepat pulang.

Saat hendak mengantar temanku pulang, lagi lagi ku lihat Memey masih dengan sepeda mininya datang menghampiri kami. Gila nih anak.. siang panas gini muter muter ga ada kerjaan.

Tiba Tiba Memey berhenti waktu melihat aku berada di depan rumah hendak mengantar Triana dan Arman pulang. Dia menghentikan sepedanya kemudian menegurku.

“Koko.. ini temen sekolahnya ya? Koko sekolah dimana?” Tanya Memey kepadaku.

“KOKO..? wakakakakaka... KOKO KOPET... Cocok dah ente pet.. satu marga. Wakakakaa...” Tiba tiba Arman tertawa terbahak bahak mendengar Memey memanggilku dengan sebutan ‘KOKO’.

Aku mendengus kesal melihat tingkah Aarman. Anak itu emang paling seneng kalo ada yang mengira aku keturunan cina juga, sedangkan aku sangat sebel apabila ada yang menganggapku keturunan Cina.

“Hahaha.. pak cik.. cocok dah dirimu dipanggil koko. Tar aku ikutan manggil koko juga ah..” Ujar Triana ikut tertawa menggodaku.

“Aish.. Si unyil pake ikutan ngata ngatain segala.. ane cipok juga neh beneran..Awas kalo ikutan manggil manggil koko!!” sungutku. Mereka hanya tertawa melihatku yang belingsatan

“Mey.. kenalin nih teman temanku yang barbar.. maklum mereka rada udik.” Sahutku sambil mengenalkan mereka ke Memey.

Memey acuh melihat kedua temanku, dia hanya memandangku.

“Pertanyaan Memey belum di jawab..” sahutnya

“Kita sekolah di SMAN **** Ci Memey..” jawab Arman.

“Ooo.. ya udah.. Memey balik dulu ya.. bye koko..”ucapnya hanya menegurku tanpa memperhatikan Arman dan Triana.

“Doo.. si kopet baru juga 3 hari ga masuk udah dapet gebetan aja disini.. Ati ati nyil.. sainganmu tambah banyak tuh..” jawab Arman sambil mencolek Triana.

“Hihihi.. kalo sama yang tadi sih aku rela dah ngalah.. biarin aja KOKO Kopet mendapatkan cinta sejatinya sama Ci Memey.. kalo perlu aku bantuin dah comblangin..Hihihi..” Ucap Triana masih menggodaku.

Kesal melihat ulah Triana, ku tarik tangannya mendekatiku, lalu dengan spontan kucium bibir Triana yang masih saja mentertawakanku.

CUP..!! Degh..

Arman kaget melihat tingkahku, apalagi Triana yang langsung terdiam.

“Ayo.. ngejek lagi aku cipok lagi mulutmu..” Sahutku. Duh.. aku tadi ngapain ya..? kenapa aku malah nekat mencium Triana?

“Aaaahhh.. Pak CIK..!! Kok maen nyosor aja sih nyiumin orang..!! Mulutku kan lagi kebuka tadi.. Iiihhh...!!” Ucapnya kesal sambil mencubit perutku. Kulihat muka Triana memerah seperti kepiting rebus.

“Waahh.. gila si kopet maen sosor mulut orang.. alesan aja pake marah padahal napsu pengen ngembat mulut Triana..Menang banyak ente.. perlu di coba neh cara ente..” Sahut Arman sambil memonyongkan mulutnya seolah olah ingin mencium Triana, namun..

PLAK..!! bukan ciuman yang didapat tapi tamparan yang cukup keras diterimanya.

Aku hanya tertawa melihat kelakuan dua orang sahabatku ini.

“Udah ah.. balik yuk.. udah sore ini. Pak Cik kami balik dulu ya.. besok besok maen lagi dah kesini.” Kata Triana.

“Daahh.. KOKO Kopeett.. muaacchh..” pamit Arman dan Triana masih saja mengerjaiku. Kulihat sahabatku sampai menghilang di ujung gang. Aku kemudian masuk ke rumah. Beruntungnya aku punya sahabat seperti mereka.



----------------------

Tak terasa udah masuk hari kelima aku tidak sekolah. Kemarin Arman masih seperti biasanya datang Cuma sekedar ngobrol, tanpa Triana tentunya. Tidak ada cerita menarik yang terjadi di sekolah. Aku terkadang sempat pulang sebentar ke rumah lalu sorenya main ke rumah Arman untuk minta diantarkan ke rumah nenekku lagi.

Hari ini Arman datang lagi membawa catatan pelajaran. Namun sikapnya agak tidak biasa, dia hanya berdiri diluar setelah memanggilku kemudian bergegas naik ke motornya lagi.

“Tumbenan ente ga turun dari motor hep..” Tanyaku

“Ayo ikut.. ada yang mau ketemu ente diluar.. cewek.. katanya dia malu kalo masuk kesini”

“Siapa..? Kalo Memey yang nunggu ane males keluar..!” Jawabku sedikit malas.

“Udaaah.. ayo cepetan.. kasian dia nungguin diluar sendirian. Ente jangan pilih pilih gitu dong kalo berteman.. ga baik” sahutnya sedikit menasihatiku.

Aku dengan sedikit malas akhirnya menuruti kemauan Arman. Kenapa lagi sih Memey pake malu segala kalo pengen ketemu, bukannya dia tiap hari selalu lewat depan sini, batinku.

Setelah boncengan dengan Arman keluar gang, aku kaget melihat sebuah mobil parkir di pinggir jalan. Sepertinya aku kenal sama mobil ini.

Tak lama setelah kami tiba, pintu mobil terbuka dan keluarlah seorang gadis masih dengan seragam sekolahnya, tetap menggunakan rok mininya..

“Hai beib...”

“Di..Dian..”






------------------------------------

No comments:

Post a Comment