Thursday 14 June 2018

Cerita SMA.....6

DIAN ANGGRAINI
[​IMG]


FITRIANA RAHAYU
[​IMG]




SENIN..

Merupakan momok bagi banyak orang, terutama bagi kami yang masih sekolah. Setiap senin pagi harus mengikuti upacara bendera yang artinya harus bangun lebih pagi, harus datang lebih pagi ke sekolah. Dan biasanya hari senin diisi dengan pelajaran pelajaran yang membuat kram otak.

Tapi tidak dengan senin ini, upacara bendera dan datang lebih paginya sih tetep.. tapi Senin ini sekolahku tidak ada kegiatan belajar mengajar, digantikan dengan kegiatan acara Menyambut peringatan Tujuh Belasan.

Aku yang biasanya berangkat bareng Arman, hari ini nebeng bapakku karena alasan tadi diatas, harus datang lebih pagi.

Sesampainya di sekolah, ku lihat ada beberapa temanku yang udah datang, seperti Dimas, Martinus, Hari dan juga Ayu.

Hmm.. Sepertinya Ayu dan Hari dateng barengan dah, kayaknya dah jadian neh anak, pikirku.

Saat hendak melangkah menuju arah kelasku, tiba tiba ada suara perempuan memanggilku, segera aku menoleh ke arah panggilan itu yang ternyata Dian yang baru saja turun dari mobil yang mengantarnya.

“Pagi beib.. rajin banget pagi pagi dah dateng.. yuk” sapanya sambil menggandeng tanganku dan mengajak untuk jalan bersamaan.

“Pagi juga Di.. cerah banget mukanya..” balasku

“Kok manggil beib..?” lanjutku

“Kan bebek.. muka kamu kalo lagi jalan serius banget, persis kayak bebek mulutnya. Hihihi..”

“Apaan sih.. kirain bebeh..hehehe” sahutku sedikit menggoda.

“Doo.. yang udah berani ama cewek..mentang mentang kemaren abis...hihihi” balas dian menggodaku.

“Apaan ah.. udah yuk aku ke kelas dulu.” Ucapku sedikit malu.

“Ya udah.. sampe nanti ya.. muaach..” ucap Dian sambil mengelus pipiku dan membuat gerakan bibir seperti mencium.

Sampai dekat kelasku, kulihat teman temanku hanya berdiri dengen menampakkan wajah takut. Segera kuhamipri teman temanku hendak bertanya ada apa, tetapi ku urungkan niat karena kaget melihat pintu kelasku ditutup dan di segel menggunakan lakban berwarna coklat seolah olah dibuat seperti garis batas polisi dengan tulisan terpampang di pintunya ‘KELAS INI DI SEGEL DAN DIDISKUALIFIKASI DARI PESERTA LOMBA 17 AGUSTUS. Kulihat dibagian bawah kertas tertulis ‘TERTANDA : KEPALA SEKOLAH’ lengkap dengan tanda tangan dan cap sekolah..

Mati aku.. pikirku.

Segera kuhampiri Dimas dan bertanya ada apa.

“Ente liat dah kedalem sana, ancur berantakan kelas kita..” Jawabnya dengan lemas.

Tak berapa lama teman temanku satu persatu mulai berdatangan dan ekspresi wajahnya hampir sama seperti kami yang udah terlebih dahulu datang. Kaget..!.

Aku yang hanya melongokkan kepala melalui jendela kelas melihat kelas kami sangat berantakan. Bangku dan meja berserakan.

Aku dan teman teman yang malam minggu mengerjakan kelas hanya bisa terdiam lemas.

Dari jauh kulihat bu Ainun datang menghampiri kami dengan wajahnya yang menakutkan.

“APA APAAN KALIAN INI SEMUA.. BIKIN MALU IBU SAJA..!! KEPALA SEKOLAH SAMPAI MARAH BESAR SAMA IBU..” Teriaknya di depan kami.

“Coba kalian liat kelas kalian..!! Masih bagusan kandang babi daripada kelas ini” lanjutnya sambil membuka pintu kelas.

Kami semua ternganga begitu melihat keadaan kelas. Tembok kelas yang bercat putih ada tulisan ‘II SOS 3 Rookkk..!!’ dan ‘SOS 3 IS DE BEST’ menggunakan cat berwarna hitam. Bukan itu saja, bahkan semua bangku dan kursi permukaannya di cat berwarna hitam. Lantainya juga sebagian di cat berwarna hitam. Sisa kaleng cat yang masih berserakan serta bekas abu dan puntung rokok. Yang paling parah adalah aroma dalam kelas, PESING..!!

“Pokoknya ibu ga mau tau..!! Semua yang ikut serta malam minggu kemarin harus ikut ibu ke ruang BP sekarang..!!” Sahut bu Ainun menahan amarahnya.

Kami hanya bisa terdiam. Banyak kasak kusuk dari temanku yang ku dengar tapi tidak ku hiraukan.

Sempat kulihat Triana yang menatapku bingung dan seakan wajahnya menampakkan beribu pertanyaan buatku. Aku dan kelompokku hanya bisa terdiam.

--------

Setelah semua urusan diselesaikan, dimana kelompokku semuanya tercatat dalam buku BP dan dikenakan sangsi membersihkan kelas serta ruang guru. Untungnya bu Ainun juga sedikit membantu kami sehingga hukuman kami tidak berat.

Entah bisa dibilang untungnya, gara gara kelasku yang hancur berantakan, akhirnya kelas kami dipindah. Yang awalnya berada paling ujung dan paling pinggir, sekarang dipindah ke dekat ruang guru, disebelah kelas Biologi dan Fisika. Berarti dekat dengan kelas tiga, batinku.

Selepas dari ruang BP, kelompokku langsung menuju kantin untuk berdiskusi.

“Sapa sih yang tadi malam nulis di tembok pake cat? Trus kenapa juga lantainya kita cat?” Tanya Widi yang kebetulan menjadi ketua kelas kami.

“Yang nulis itu Surya sama Dimas tuh..” sahut Made kesal

“Trus yang ngecat lantai Wayan dan kopet ini..” Kata Martinus sambil menunjukku.

“Halah.. si Anus.. ente juga yang ngecat bangku kan..”sungutku seakan tak mau disalahkan.

“Udah.. udah.. jangan nyari kesalahan. Semua udah kejadian. Sekarang gimana caranya nama baik kita kembali lagi di mata bu Ainun.” Ucap Widi menenangkan kami

“Kemaren itu kita emang kelewatan.. mabok di sekolah.”

“Pokoknya dikelas yang baru nanti kita harus berubah.. ga ada lagi kita yang dulu. Kalo perlu kita yang jadi panutan buat temen temen kita yang lain.” Lanjut Widi

Semua serempak menganggukkan kepalanya.

“Eh.. tapi kenapa kelas kita bisa jadi pesing gitu ya..? Ya.. kemaren ente kencing di dalem kelas ya?”Tanyaku ke Surya..

“Hmm.. Jadi gini ceritanya bro semua..” sambut Surya yang mulai mendongeng.

“Hahaha.. jadi Ente kencingin ember cat itu karena Wayan butuh air buat nyampur cat tapi takut keluar ngambil air...??” tanya Arman sambil tertawa

“Lah iya.. pas itu kan ane kebelet juga, trus males ke WC. Lagian Wayan noh yang nyuruh ane kencing di ember, katanya sama aja sama sama air..” jawab surya sambil menunjuk Wayan.

“Hahahaha.. pengecut ente bedua.. padahal udah kondisi mabok tapi masih aja takut sama gelap” kata Arman.



Setelah diumumkan tentang kepindahan kelas kami oleh bu Ainun, kami segera bergegas menuju kelas baru kami sambil membawa barang barang dari kelas lama yang masih bisa dipakai.

“Ncik.. nanti ke kantin bareng ya.. aku mau ngomong.” Tiba tiba Triana menegurku.

DEG..

Ada apa lagi sih si unyil ini, batinku. Pasti nanyain masalah malem minggu di kelas kemaren.

Aku baru sadar ternyata posisi kelasku yang baru berada diseberang kelas tiga. Hanya dipisahkan taman yang tidak begitu besar. Wah.. berarti lebih dekat dong sama kelas..

“Pet.. enak ente sekarang. Gebetan ente ada di seberang kelas kita. Tuh orangnya lagi ngobrol di dalem kelas” Tiba tiba Arman mendekatiku dengan suaranya yang sedikit keras memberitahukanku bahwa kelasnya Dian ada di depan kelasku.

Duh.. bahaya neh bisa jadi perang antar penyihir, batinku. Ku lirik Triana yang memang berada tak jauh dari kami. Sempat kuperhatikan dia menoleh sesaat ke kami saat Arman tadi memberitahuku.

Mudahan aja ga denger.. batinku. Kalo gini mesti cepet cepet ambil tindakan neh..

“Pet.. kita bangkunya dipinggir deket jendela aja ya, di tengah. Biar Ente bisa ngecengin gebetan ente..” kembali Arman berkata sambil menunjuk bangku yang akan kami tempati.

“Yu.. kalo gitu kita di depannya si curut dua ini aja ya.. biar sama kayak yang kemaren” Tiba tiba Triana meminta Ayu untuk duduk di depan bangku aku dan Arman, seperti posisi semula.

Nah loh..

Setelah memilih posisi duduk kami, aku kemudian mengajak Arman untuk nongkrong di kantin. Maksudnya sih biar ada temen pas nanti Triana ngajak ngomong gitu, biar ada yang bantuin aku jelasin kejadian malem minggu di kels kemaren.

Tapi seakan bisa membaca pikiranku, Triana dengan cepatnya menarik tanganku sambil berkata kepada Arman

“Ar.. aku pinjem encik bentar.. kamu ga usah ikutin kami, Awas..!!” Sambil mengepalkan tangannya ke arah Arman.

“Aku cuma pengen ngomong sama kamu beduaan aja, biar ga ada yang ganggu” ucap Triana lagi kepadaku sambil menarikku pergi.

“Mau ngapain sih nyil.. pake geret geret segala..” selaku merasa keberatan di seret oleh Triana.

“Udah.. ikut aja. Kamu tau kan kesalahan kamu itu apa.. !!“

“Aku mau interogasi kamu di kantin..!!” Jawabnya



-----------------------------------

No comments:

Post a Comment