Thursday 14 June 2018

Cerita SMA.....9

FITRIANA RAHAYU
[​IMG]


DIAN ANGGRAINI

[​IMG]





Pagi ini Aku menuggu jemputan Arman. Tapi sampai hampir pukul tujuh Arman belum juga menunjukkan batang hidungnya. Akhirnya setelah pamit ke orang rumah, aku berjalan hendak menuju rumah Arman.

Sejak kejadian pulang sekolah kemarin, selama diperjalanan Arman tidak mau bicara kepadaku. Entah dia marah ataupun masih syok setelah kejadian itu. Aku yang memboncengnya pun hanya bisa terdiam sampai depan rumah.

Pagi ini dirumah Arman, setelah mengucapkan salam aku kemudian menanyakan Arman.

Bapaknya Arman yang melihat kedatanganku pagi ini segera mengajakku ngobrol di teras rumahnya, sambil menanyakan ada kejadian apa kemarin sampai Arman pulang babak belur begitu. Aku hanya menjelaskan sekedarnya saja, takut ketahuan karena masalah cewek sampai harus babak belur.

“Bapak ngerti gimana anak muda, gini gini juga dulu bapak pernah muda. Kamu pikir bapak lahir udah langsung kumisan gini?” ujar bapaknya Arman.

“Arman kayaknya hari ini ga bisa masuk sekolah, tadi katanya lagi sakit. Bapak liat muka kamu juga bengap gitu. Wajar sih anak cowok.. kalo ga berantem ga gentle namanya.. bener ga..”
tanyanya lagi.

Aku hanya bisa terdiam mendengar ucapan Pak Mashur, bapaknya Arman.

“Bentar, bapak panggilin Arman dulu.” Ucapnya sambil masuk ke dalam rumah meninggalkanku.

Tak lama Arman keluar masih menggunakan sarung dan baju kaos.

“Gimana kabar ente hari ini hep..? ente kalo ga bisa masuk ya gapapa.. nanti ane mintain ijin ke bu Ainun.”

Arman hanya bisa diam sambil duduk di depanku.

“Ane bener bener minta maaf udah nyeret ente. Ane bener bener ngerasa bersalah hep.. kenapa justru ente yang dipukulin paling parah sama kunyuk kunyuk itu.” Kataku meminta maaf ke Arman.

“Udah lah hep.. udah kejadian ini, mau ngomong apa lagi. Cuma Ane minta sama ente jangan ceritain kejadian kemaren ke temen temen.. ane ga mau masalah ini jadi panjang.” Kata Arman

“Ga hep.. Ane ga mau bawa bawa temen yang lain lagi. Ini masalah ane. Akan ane selesaiin sendiri. Cukup ente yang terakhir kena imbasnya.” Sahutku

“Udah kalo ente emang ga masuk lebih baik sekarang ente istirahat.. nanti sore ane kesini lagi. Sekarang ane ke sekolah dulu, udah telat kayaknya.” Lanjutku sekalian pamit untuk ke sekolah.

Sesampainya di sekolah, aku yang dari rumah Arman naik angkot jelas terlambat. Pintu gerbang udah ditutup. Setelah memaksa masuk ke satpam sekolah dan menjelaskan kenapa aku terlamba akhirnya satpam mengijinkanku masuk kelas.

Semua teman kelasku kaget melihat kondisi mukaku yang biru biru, tapi aku cuek aja masuk sambil memberitahu guruku bahwa Arman hari ini tidak masuk karena sakit.

Triana yang sangat kaget melihat keadaanku sempat bertanya dengan sedikit berbisik kepadaku.

Aku tidak menanggapinya dan hanya bisa tersenyum sambil mengangkat bahuku. Setelah meletakkan tas di bangkuku, aku kemudian meminta ijin kepada guru kelas mau mengantarkan surat sakit Arman ke bu Ainun.

Sesampainya di ruang guru aku tidak menemukan bu Ainun. Katanya sih sedang mengajar di kelas tiga sos. Nah.. kebetulan...batinku.

Segera aku menuju kelas tiga, yaitu kelasnya Dian dan.. Eko..!!

Setelah mengetuk pintu, dengan dada bergemuruh aku langsung menghampiri bangku Eko. Tanpa bertanya dan mengeluarkan sepatah kata langsung ku tinju wajah Eko yang tampak kaget melihat kedatanganku.

“Anjing..! Berani kamu kesi..” Belum sempat Eko melanjutkan omongannya, Aku langsung memberikan tinjuku ke wajahnya sekali lagi.

Kelas itu langsung heboh.. ku dengar jeritan anak anak perempuan dan teriakan bu Ainun, tapi tak ku hiraukan. Aku tetap saja memukuli Eko yang masih melindungi wajahnya sambil sesekali membalas pukulanku. Ku lihat teman teman Eko yang kemarin ikut membantu hendak menyerangku. Aku berpaling ke arah mereka, kucari anak yang kemarin memukuli Arman, ku hampiri dan ku tendang kemaluannya.

Duk..!! tendanganku tepat mengenai sasaran, dia tertunduk menahan sakit. Aku langsung maju memukul wajahnya bertubi tubi. Ku ambil sebuah kursi kemudian menghantamkan ke punggung anak itu. Kulihat anak itu sudah jatuh terkapar di lantai.

Orang orang masih rame berteriak melihat aksiku yang mengamuk di kelas itu. Mereka berusaha melerai kami, tapi melihat aku yang seperti orang kesurupan membuat mereka tidak bisa mendekatiku.

Setelah puas memukuli temannya Eko, aku langsung kembali ke arah Eko yang sudah bersiap hendak memukulku dari belakang. Segera ku tangkis hantamannya dan ku raih tangannya. Kemudian reflek tanganku kupukulkan ke arah lehernya.

Blak..!! tanganku tepat mengenai leher Eko. Eko seperti orang susah bernapas sambil memegang lehernya. Kemudian ku arahkan tendangan ke kemaluannya dan, BUK..!! tepat menuju sasaran. Eko langsung membungkuk menahan sakit. Ku lanjutkan memukul wajahnya seperti orang kesetanan.

“KAMU.. KALO.. GA...TERIMA.. SILAKAN..CARI..AKU..!! JANGAN.. JADI..PENGECUT.. PAKE NGEROYOK..TEMANKU..BANGSAT!!” Teriakku geram sambil terus memukulinya.

Kulihat Eko udah terkapar di lantai. Entah darimana tiba tiba dua orang guru laki laki memegangku dari belakang dan memisahkanku dari Eko. Sempat ku lihat Dian yang menangis sambil menatapku dengan wajah herannya seakan akan bertanya “Kenapa” kepadaku.

“Kamu tanya aja sama pacarmu yang pengecut itu Di, beraninya Cuma ngeroyok temanku.” Sahutku sambil ditarik oleh pak guru yang memegangku.

“Bu Ainun.. maafkan saya, saya mengantarkan surat sakit Arman.. dia ga bisa masuk sekolah karena kemarin di keroyok sama bangsat disana itu” tunjukku ke arah Eko yang masih terkapar dengan darah di wajahnya.

Setelah kejadian yang cukup menghebohkan dipagi itu, aku langsung dibawa ke ruang guru oleh pak guru yang meleraiku tadi. Kulihat di depan kelas udah ramai anak anak lain yang ikut menonton kejadian tadi. Sempat kulihat Triana diantara kerumunan anak anak itu sambil menangis menyaksikan aku yang di bawa ke ruang guru.

Sampai di ruang guru aku langsung disidang oleh guru BP dan kepala sekolah serta bu Ainun. Mereka memarahiku habis habisan. Walaupun aku telah mengaku bersalah dan menyesali perbuatanku serta menjelaskan kejadian sebelumnya sehingga aku sampai nekat seperti tadi, mereka tetap saja menyalahkanku.

Alasannya karena aku telah membuat onar di lingkungan sekolah dan telah menyebabkan murid lain cidera. Sedangkan perbuatan Eko dianggap bukan urusan sekolah karena kejadiannya berada di luar dan setelah kegiatan sekolah.

Akhirnya aku harus menerima hukuman skorsing selama satu minggu tidak boleh megikuti kegiatan sekolah. Memang terkesan ringan. Karena untungnya lagi, atas bantuan bu Ainun yang membelaku akhirnya aku hanya di hukum skorsing, dimana seharusnya aku dikeluarkan dari sekolah. Selain itu juga orangtuaku dipanggil untuk menghadap pihak sekolah besok pagi.

Setelah menyelesaikan semua urusanku di ruang BP, aku disuruh kembali ke kelas. Masa hukuman skorsingku mulai aktif besok pagi.

Aku bingung bagaimana menjelaskan ke orangtuaku, terutama ke bapakku. Pasti nanti aku habis di pukuli bapakku yang terkenal sangat keras terhadap anaknya.

Aku yang malas masuk kelas langsung mengarahkan langkahku menuju kantin. Saat pelajaran sekolah dimulai, kantin merupakan tempat yang paling tenang menurutku. Aku langsung duduk dan memesan es teh ke ibu kantin.

Saat hendak menikmati es tehku, tiba tiba aku dikejutkan oleh suara Pak Artana, guru sejarahku.

“Kamu kenapa tidak masuk kelas?” tanyanya.

“Eh..pak.. maaf.. percuma juga saya masuk kelas, toh besok saya mulai di skor” jawabku.

“Kalo gitu kenapa tidak pulang aja sekalian?” tanyanya lagi.

“Takut pak..” jawabku pelan.

“Bapak salut sama sikapmu tadi yang membela temanmu, walaupun caranya salah ngamuk di kelas”

“Tapi bagus juga si pentol korek itu sekali sekali diberi pelajaran gitu, biar ga sok petantang petenteng di sekolah ini, mentang mentang baru jadi anggota paskib, udah sok-sokan berkuasa, padahal aslinya penakut tuh anak. Hahaha” katanya mengagetkanku. Intonasi dan logat bicaranya udah mulai terdengar santai.

“Ya udah, lanjutin ngelamunmu. Bapak yakin kamu sedang merenungi kesalahanmu. Bapak lanjut ngajar lagi.”

“I-iya pak..”jawabku pelan

“Jangan takut.. nanti bapak yang menyelesaikan masalahmu. Besok kalo masih ada apa apa sama Eko, kamu lapor aja ke bapak. Oke..” katanya sambil menepuk pundakku dan berlalu meinggalkanku. Aku hanya bisa mengangguk pelan.

Kembali aku terdiam sendiri di kantin yang sekarang terdegar sangat hening. Hanya sesekali kedengaran suara ibu kantin yang menyiapkan dagangannya.

DEG..!!

Kulihat Triana dan Dian berjalan ke arah kantin hampir bersamaan. Duh.. kompakan neh mereka berdua nyamperin. Kebetulan aku juga pengen ketemu sama mereka, ingin menjelaskan kejadian tadi.

“Pak cik..” “Pet..” sapa mereka berdua hampir bersamaan.

Aku hanya menoleh ke arah mereka berdua.

“Kamu harus jelasin ke kami kenapa sikapmu bisa sangat barbar gitu tadi..” kembali Triana membuka suara sambil mengambil posisi duduk di depanku.

“Eh.. tumben akur..” sahutku sedikit becanda.

“Udah.. ga usah pake becanda, kamu kenapa tiba tiba masuk ke kelasku terus menghajar Eko..?” sahut Dian memaksaku.

“Kamu udah tanya ke cowokmu?” kataku datar.

“Udah sih.. ngmong aja langsung pak cik, jangan bertele tele dah.. kita ga bisa lama disini” sahut Triana

“Kemaren cowoknya Dian ngeroyok aku sama Arman waktu pulang sekolah, sampe sampe sekarang Arman ga masuk karena masih kesakitan” jawabku sedikit ketus.

“Dia bukan pacar aku lagi..!” Bentak Dian dengan mata mulai berkaca kaca.

“Udah lah Di.. aku ga mau ribut lagi masalah ini. Udah capek.” Jawabku acuh.

“Sejak kejadian kemaren aku langsung mutusin dia, aku ga tau kenapa dia ngeroyok kalian.”

“Udah Di.. cukup.. aku ga mau tau apapun alasanmu. Yang pasti mulai sekarang aku ga akan ganggu hubungan kalian lagi. Emang semua salahku tadi tiba tiba bikin ribut di kelasmu. Tapi aku ga bisa terima kalo temenku disangkut pautkan sama masalah aku. Aku minta maaf ke kamu karena udah buat harimu rusak.”

Triana hanya bisa diam mendengar omonganku ke Dian. Tidak seperti biasanya sikapnya begini, mungkin dia memberikan kesempatanku bicara ke Dian.

Kulihat Dian udah mulai menangis, entah kenapa, tiba tiba Triana menggenggam tangannya dan mengusap punggung Dian.

“A-aku kemarin mutusin Eko bukan karena aku dekat denganmu. Tapi..” ucap Dian sambil sesungukan menahan tangisnya.

“Di.. Dengerin.. aku ga mau kamu putus sama Eko Cuma karena kamu deket sama aku, seolah olah aku ini hanya pelarian aja buatmu.” Kataku memotong omongannya.

“Aku suka sifatmu, suka kamu yang apa adanya, suka kamu yang ga macem macem, suka kamu yang ga pernah ambil kesempatan, suka..” katanya lagi

“Di.. udahlah.. jangan tambah memperkeruh suas..”

“Dari tadi kamu ga pernah mau denger kata kataku..! berapa kali kata suka aku ucapkan tapi yang kamu denger Cuma kata hatimu aja..! AKU SUKA KAMU..!! Tapi aku benci liat sikapmu yang barbar tadi pagi..!! Ga ada bedanya kamu sama Eko kalo kayak gitu..!” Potongnya sambil berdiri meninggalkan aku dan Triana yang hanya diam. Kulihat Dian sedikit berlari sambil menangis.

“Pak cik..” ucap Triana pelan.

Aku hanya menoleh sesaat kemudian kembali terdiam.

“Dian.. kayaknya beneran suka ama kamu dah..” ucapnya sambil menunduk.

“Udah nyil.. aku sekarang lagi ga mau bahas itu lagi”

“Kamu dikeluarin ya dari sekolah?” tanyanya lagi.

“Ga.. Alhamdulillah cuma kena skorsing seminggu aja..”

“Sukurlah.. nanti biar aku catetin pelajaran selama kamu ga masuk ya..” ujarnya lagi.

“Santai aja.. aku bisa pinjem punya Arman juga kok” kataku.

“Trus.. kamu akan diemin aja Dian kayak gitu? Ga berbuat apa apa?”

“Ga lah nyil.. biarin aja dulu dia selesain urusannya sama Eko, aku ga mau nanti tambah runyam urusannya” jawabku.

“Ucapan Dian tadi ada benernya, kamu kalo kayak tadi pagi berarti ga ada bedanya sama Eko. Menurutku sih buat apa Dian tadi nyamperin kesini kalo dia ga bener bener khawatir sama kamu. Lebih baik kamu omongin baik baik sama Dian. Jangan keras kepala.” Katanya sedikit menceramahiku.

“Kalo kamu.. perasaanmu ke aku sekarang gimana..?” tanyaku

Triana langsung berdiri hendak meninggalkanku.

“Aku.. masih tetep.. sayang kamu.. sebagai sahabat..” ucapnya pelan sambil berjalan keluar.

“Nyil..” panggilku lagi. Triana menghentikan langkahnya dan berbalik melihatku.

“Makasih ya..” Ujarku..






--------------------------------------

No comments:

Post a Comment