Thursday 14 June 2018

Cerita SMA.....11

DIAN ANGGRAINI
[​IMG]


FITRIANA RAHAYU
[​IMG]





POV DIAN

Udah hari ke lima sejak kejadian mengamuknya ‘Si Kopet’ di kelasku. Dan udah lima hari juga sejak terakhir kali di kantin aku tidak pernah bertemu dengannya.

Urusanku dengan Eko udah aku selesaikan. Dan ku lihat Eko sekarang lebih pendiam, entah karena kejadian ngamuknya si kopet di kelas kemarin atau karena putusnya hubunganku dengannya atau karena alasan lain aku ga ambil pusing.

Yang pasti sejak si kopet itu tidak masuk, hari hariku di sekolah terasa tidak bergairah lagi. Aku lebih senang duduk merenung di dalam kelas setiap waktu istirahat. Entah kenapa perasaanku seperti kehilangan sesuatu.

Kangen..? Jujur iya aku kangen banget sama kopet satu itu. Entah pelet apa yang dipakainya hingga membuat perasaanku seperti ini.

Aku kangen ngobrol berdua dengannya, becanda dan tertawa. Semua omongannya bahkan yang tak berarti sekalipun mampu membuatku merasa bahagia setiap berbicara dengannya.

Tapi entah kenapa saat dikantin kemarin sikapnya seolah tidak suka kepadaku. Apalagi setelah ku tahu alasannya ngamuk ke kelasku bukan karena dia balas dendam akibat diancam Eko untuk menjauhiku, tapi lebih kepada membela temannya yang ikut dikeroyok kemarin.

Aku sih ga masalah dia tidak membelaku. Tapi membela temannya sampai segitu ngamuknya kemarin? Sepertinya dia emang sangat menghargai rasa persahabatan ketimbang rasa sukanya kepadaku. Aku sedikit cemburu dengan sikapnya itu.

“Dian.. dicariin tuh sama madumu.. hihihihi...” tiba tiba temanku memanggil, membuyarkan lamunanku.

Kutengok keluar kelas, kulihat Triana sedang berdiri di depan kelas menungguku. Tumben anak ini mau ketemu aku, ada apa ya..? pasti masalah kopet itu dah.. Pikirku.

“Hai Ri.. tumben tumbenan main ke kelasku, ada apa ya? Kangen neh sama aku..?” tegurku sedikit becanda setelah kutemui Triana.

“Kita bisa ngobrol bedua aja ga mba? Kita ke kantin yuk.. masa diem aja di kelas. Ga bosen?” tanya Triana. Kulihat wajahnya sedikit serius saat berbicara denganku. Hmm.. ada apa lagi ini, pikirku.

“Ada apa neh tumbenan kamu mau ketemu aku, pasti mau ngomongin masalah pacarmu yaa..” tembakku saat baru saja kami duduk di kantin.

“Dia bukan pacarku mba.. udah berapa kali juga di kasi tau. Kita itu udah seperti sodaraan.. udah kayak kakak adik, sahabatan” ucap Triana membela diri.

“Sodaraan tapi mesra.. hihihi.. tapi kayaknya dia lebih perhatian loh ke kamu” jawabku. Duh.. kenapa hatiku bergetar ngomong seperti tadi ke Triana? Seolah olah aku tak terima omonganku sendiri.

“Serah dah mbanya mau ngomong apa..”Sahutnya datar.

“Aku ngajak mba ngomong justru mau nanyain masalah hubungan mba sama pak cik itu, sapa tau aku bisa bantu.” Katanya lagi.

“Lho.. emang kenapa sama aku? Kayaknya nasib kita sama dah, digantungin perasaannya oleh cowok yang sama” jawabku sambil menghela napas.

“Dan berhenti panggil aku mba, panggil nama aja udah berapa kali aku ngomong. Kesannya aku tua banget. Hihihi” ucapku menetralkan suasana.

“Pak cik itu sepertinya bener bener suka sama kamu, buktinya kemarin sampe ngamuk gitu belain kamu.” Ujarnya.

“Hahaha. Ternyata kamu masih belum ngerti sepenuhnya sifat si kopet ya Ri.. padahal katanya udah lama kenal. Dia justru lebih memilih bela sahabatnya daripada aku.” Jawabku.

“Masa aku yang baru kenal aja udah bisa baca sifatnya dia..” lanjutku.

Triana terdiam mendengar kata kataku. Dengan sedikit menunduk dia membalas ucapanku

“Berarti emang bener apa yang dia bilang, kami ternyata masih belum bisa menyatukan hubungan lebih jauh lagi. Ternyata aku memang masih belum bisa memahami sifatnya.” Sahutnya sambil terus menunduk.

“Jangan sedih gitu.. pengalaman yang bisa membuat kita seperti itu, dan aku yakin kalo kamu belum pernah pacaran sebelumnya kan..?” tanyaku lagi sedikit menghibur. Triana hanya mengangguk pelan menjawab pertanyaanku.

“Hahaha.. gampang ketebak.. Aku sih mulai pacaran malah dari kelas dua SMP, makanya tau kelakuan cowok mana yang brengsek dan mana yang tulus.” Sahutku lagi.

“Ta-tapi kemarin aku perhatiin Pak cik waktu aku nanyain tentang kamu mukanya berubah, seperti merasa kehilangan gitu.” Ujar Triana. Aku sedikit kaget saat mengetahui bahwa dia udah pernah ketemu kopet sejak hukuman skorsingnya.

“Ka-kamu udah ketemu dia..?” tanyaku sedikit gugup. Triana kembali hanya mengangguk pelan.

“Gimana kabarnya sekarang? Kangen juga udah lima hari ga ketemu dia”. Kulihat Triana sempat sedikit kaget mendengar kata kataku.

“Dia baik baik aja kok, tapi waktu aku tanya masalah kamu, dia langsung diam dan seolah olah mengalihkan pembicaraan gitu.” Jawabnya.

“Mungkin dia masih marah sama aku, mungkin dia kecewa ngeliat sikapku kemarin yang ga tegas memutuskan hubungan dengan Eko” sekarang gantian aku yang tertunduk sambil berbicara tadi.

“Kalo dari intonasinya sih kayaknya dia bukannya marah, tapi lebih ke merasa kehilangan gitu. Mungkin dia nyesal kali..” ucap Triana.

“Arman yang sahabat dekatnya juga ngomong persis kayak yang aku bilang, dia bilang tumbenan kopet itu kelakuannya kayak gitu ke cewek. Biasanya dia orangnya ga pernah se serius itu kalo dengan cewek. Buktinya sama aku aja dia pernah ngomong kalo dia belum bisa ngelanjutin hubungannya sama aku lebih jauh lagi. Dia hanya merasa suka dan sayang seperti sahabat atau sodara aja.” Lanjut Triana panjang menjelaskan.

“Masa sih..dia pernah ngomong gitu ke kamu?” Tanyaku tak percaya. Lagi lagi Triana hanya mengangguk saja.

“Makanya.. kalo kamu emang bener bener suka sama dia, lebih baik kamu kejar terus dia, kalo perlu kamu ungkapin aja perasaan kamu duluan. Kalo nunggu kopet itu yang ngungkapin sampe lulus SMA lima kali juga ga bakal kesampean dah.. Dulu Arman juga ngomong gitu ke aku..” ujar Triana.

“Ja-jadi.. kamu udah ungkapin perasaanmu ke dia tapi ditolak juga sama dia..?” Tanyaku kaget. Gila.. berarti beneran Triana ini suka sama si kopet itu. Tapi kenapa juga di tolak..?

“Ga di tolak juga sih.. tapi..” ucap Triana terputus.

“Dia juga udah jujur sama aku, dia bilang masih belum bisa untuk melanjutkan seperti yang aku ceritain tadi. Alasannya sih aku masih belum tau kenapa.” Lanjutnya.

“Berarti dia cinta mati sama kamu.. dia ga mau kehilangan kamu. Mungkin dia berpikir kalo suatu saat nanti misalkan kalian putus, hubungan kalian akan rusak dan dia akan kehilangan kamu.” Ujarku.

“Ga segitunya juga kali..” Ucapnya singkat.

“Aku rasa dia tetap lebih milih kamu, ngeliat dari sikapnya yang kemarin itu. Kamu ga pernah nyari dia lagi?” Tanya Triana. Aku hanya bisa menggeleng pelan.

“Aku malu ketemu sama si kopet itu.. Soalnya aku ngerasa bersalah banget kemarin gara gara aku temenmu si cungkring itu jadi kebawa sama masalah aku sampe si kopet itu ngamuk di kelas belain si cungkring itu.” Ucapku sambil menundukkan wajah.

“Lagian aku ga tau rumahnya” Lanjutku.

“Namanya Arman.. Dia emang sahabatan sama pak cik dari dulu. Kamu kalo pengen ketemu pak cik minta anter aja sama Arman.” Sahut Triana.

“Ati ati loh.. kalo kamu ga gerak cepet nanti pak cik bisa di embat yang lain. Kemaren aja ada tetangganya kayak masih SMP gitu mulai deketin dia, agresif banget rupanya tuh anak kecil.. hihihihi..” Lanjutnya.

“Hah.. gilaa.. pelet apaan sih yang di pake si kopet ini sampe banyak yang suka gitu.. hahaha” Tawaku lagi.

Wah.. bahaya nih.. belum juga kelar urusan saingan sama Triana udah ada lagi yang ngedeketin si kopet ini.. Hebat juga caranya tebar pesona.Hihihi...

“Hahaha.. makanya itu cepetan maju duluan, masa kalah sama anak ingusan yang masih pake putih biru..” Ucap Triana.

“Udah yuk balik kelas lagi, bntar lagi masuk nih..” ajak Triana lagi.

“Triana..Makasih ya udah ngajak ngobrol dan ngasi info tentang kopet itu. Tar dah pulang sekolah aku coba temui dia.”

Triana hanya melihat sekilas dan tersenyum ke arahku. Entah apa maksud senyumannya itu, yang terlihat sedikit getir.

Setelah meninggalkan kantin dan ngobrol panjang lebar sama Triana tadi, aku jadi kembali memikirkan semua ucapan Triana.

Mungkin ada benarnya juga kata kata Triana, lebih baik aku menemui kopet aja nanti sepulang sekolah. Mungkin aku bisa minta tolong temannya si Arman itu untuk mengantarkan ke rumahnya. Lagian kata Triana Arman tiap hari mampir ke rumah kopet sepulang sekolah.

Selepas bel sekolah berbunyi, aku bergegas keluar sekolah menuju mobilku yang sengaja ku parkir di luar kawasan sekolah. Kupindahkan posisi parkir mobilku mendekat ke arah gerbang sekolah, maksudnya untuk mencegat Arman yang hendak pulang.

Kulihat Arman sedang bersiap mengeluarkan motornya dari parkiran sekolah kemudian melaju perlahan ke arahku.

“Arman..” Panggilku saat Arman sampai di gerbang sekolah.

Arman terlihat sedikit kaget melihatku, dan spontan menghentikan motornya.

Aku keluar dari mobilku dan menghampiri Arman yang masih duduk diatas motornya.

“Hai.. kamu mau kemana siang ini?”

“Eh..Dian.. tumbenan manggil. Aku mau pulang, tapi mampir bentar ke kopet ngasi pelajaran tadi buat dia salin” jawabnya.

“Aku boleh ikut ga ke kopet? Pake mobilku aja, motormu tinggal disini. Nanti pulangnya aku anterin lagi. Atau tar aku ngikutin kamu dari belakang aja gimana..?” pintaku

“Eehh.. mau ngapain ke kopet? Aku ga enak kalo kesana sama cewek lagi. Kemarin Triana udah kesana. Soalnya kopet sekarang ga dirumahnya, tapi di rumah neneknya. Masuk kampung.. mobil ga bisa masuk.” Ujarnya lagi

“Kalo gitu aku ikutin dari belakang aja dah, tar mobilku parkir dipinggir jalan nanti masuknya bareng kamu pake motor. Ya..boleh ya..please.. masa Triana bisa aku ga boleh..” pintaku lagi sedikit memohon.

“Please ya.. anterin aku sekali ini aja.. besok aku traktirin dah di kantin.. kamu boleh makan apa aja sepuasnya..” paksaku lagi.

“Hmm.. tapi beneran ya besok di traktir.. Tapi nanti aku langsung tinggalin ya kalo udah ketemu kopet..” jawabnya sedikit bersemangat mendengar kata traktiran.

“Iyaa.. pokoknya anterin aku trus kamu tinggalin gapapa.. besok boleh dah makan sepuasnya di kantin. Sekarang buruan anterin aku..” kataku lagi sedikit memaksa.

Akhirnya aku mengikuti motor Arman dari belakang menggunakan mobilku. Tak berapa lama motor Arman berhenti di sebuah kampung.

Sepertinya aku kenal gang ini, kalau ga salah sih ini kan kampungnya si Boy, ketua OSIS anak fisika itu. Denger denger juga dari Boy, kampung ini terkenal kampung preman dan banyak centeng centeng cina yang jadi tukang pukulnya tinggal disini karena dekat dengan pasar dan terminal. Kok bisa ya si kopet ada disini..

Arman mengajakku untuk masuk ke dalam gang bareng dia, karena katanya rumah si kopet agak masuk lagi ke dalam gang, tapi aku tolak. Aku bilang aja malu ketemu orangtuanya.

Tak berapa lama menunggu, aku lihat dari ujung gang Arman keluar boncengan bersama kopet. Arman langsung menghentikan motornya tepat di depan mobilku. Dengan sedikit ragu aku keluar dari mobil.

“Hai beib...” sapaku.






--------------------------------------

No comments:

Post a Comment