Friday 15 June 2018

Cerita SMA....44

DIAN ANGGRAINI

[​IMG]


FITRIANA RAHAYU

[​IMG]






Sejak memberikan kado kepadaku, Triana seakan menjaga jarak denganku. Entah kenapa setiap kuajak bicara Triana hanya menjawab seperlunya atau berusaha menghindariku. Entah karena memang sudah diperingati oleh Dian atau karena alasan lain aku tak tahu. Yang pasti sikapnya tidak seperti dulu lagi, yang selalu ceria di hadapanku, yang selalu senang menggodaku. Tapi anehnya sikapnya kepada Dian masih seperti biasanya.

“Nyil... Ikut ke kantin yuk... Ada yang mau aku tanyain.” Kataku saat pelajaran kosong siang ini.

“Mau tanya apa pak cik..? Disini aja lah kalo mau nanya, ga perlu ke kantin segala.” Tolaknya.

Akupun mengurungkan niat untuk pergi ke kantin dan kembali duduk di bangkuku. Tak apa lah aku ngobrol di dalam kelas, toh teman temanku rata rata pada nongkrong diluar atau kantin. Hanya ada beberapa anak saja yang tersisa di dalam kelas termasuk aku dan Triana.

“Kamu kenapa sih kok sikapnya sekarang berubah? Kayaknya kamu sengaja ngehindari aku deh...” Tanyaku langsung to the point.

“Apaan sih pak cik... Biasa aja tuh.. Buktinya sekarang kita masih ngobrol. Kalo aku ngehindari kamu udah aku tinggal keluar dari tadi...” Ucapnya sambil tersenyum canggung.

“Karena omongannya Dian waktu ke rumahmu dulu itu ya...?” Tebakku masih penasaran.

“Emang kamu tau Dian ngomong apa? Sok tau ah...” Katanya masih tersenyum, namun dalam senyumnya kali ini ada sedikit ekspresi terkejut saat aku memberikan pertanyaan tadi.

“Dian udah cerita loh ke aku waktu malam kami nginep di hotel kemarin...” Pancingku.

“Apaan sih... Kamu kok penasaran banget sih... Udah ah pak cik... Aku ga ada apa apa sama kamu, beneran deh... Dah ah.. Aku mau ke kantin dulu nyusul Ayu.” Sahutnya kembali berusaha menghindar. Namun sengaja ku tahan dan kupegang tangannya.

“Pak cik sayang... Aku tuh ga kenapa kenapa... Kamu jangan mikir yang enggak enggak. Sekarang lepasin tanganku, tar diliat Dian aku jadi ga enak... Dipikir buat masalah lagi.” Ucapnya sambil membelai lembut pipiku.

Akupun langsung melepas tangannya dan membiarkannya pergi meninggalkanku. Aku memilih untuk tetap duduk di dalam kelas. Tak lama setelah kepergian Triana, Arman muncul di hadapanku.

“Bingung kan ente... Makanya dari dulu ane udah ngasi masukan... Pilih salah satu... Jangan semua mau ente embat...” Cerocosnya saat tiba di depanku dan langsung mengambil posisi duduk di bangku Triana.

“Sok tau ente...” Kataku

“Jangan pikir ente aja yang merhatiin sikap Triana berubah... Ane kan tiap hari duduk di belakangnya, dan tiap hari juga ngeliat sikap ente berdua. Tapi sejak beberapa hari ini memang sikapnya rada berubah ke ente, seperti males ngomong sama ente.”

Aku langsung memandangnya seakan tak percaya, namun Arman hanya tersenyum melihat reaksiku.

“Udaahh... berkali kali ane ingetin nih ya... Mending ente tetapin yang udah pasti aja... Bukan ane ga suka ente sama Triana, tapi ente tau sendiri lah ada beberapa halangan antara ente sama dia. Beda kalo ente sama Dian... Dan ane kayaknya lebih sreg kalo ente tetep sama Dian, bukan karena dia tajir dan udah mau nyerahin badannya ke ente, tapi ane liat Dian itu tulus dan bener bener jatuh cinta sama ente. Sekarang tinggal ente mantepin hati ente aja ke dia.” Arman kembali panjang lebar menasihatiku.

“Bisa ya ane dinasihatin sama orang yang ga punya pacar dan belum pernah pacaran...” Sahutku kalem.

“SETAN...!! Bukannya serius dengerin malah ngata ngatain. Percuma ane ngomong panjang lebar kalo kayak gini. Kancut...!!” Makinya dan berdiri hendak meninggalkanku.

“Hahaha... Kalem hep.... Ane Cuma becanda aja, dan makasih atas nasehatnya. Ane Cuma bingung aja ngeliat ente yang ga punya cewek bisa santai aja nikmati hidup, sedangkan ane ada dua cewek yang udah jelas ngedeketin ane dan salah satunya udah pasti pacar ane aja pusingnya kayak gini mau nentuin pilihan.” Kataku sedikit curhat.

“Itulah kelebihannya orang ga punya pacar... Masih bebas mau ngelirik cewek manapun, bebas mau ngedeketin cewek siapa aja..” Ucapnya sedikit jumawa.

“Tapi udah kebukti belum..?? Udah ada cewek yang mau di deketin? Atau udah ada cewek yang mau diajak kenalan..??” Tanyaku sengaja menggodanya.

“Setan kampret...!!!” Dengusnya dan kali ini benar benar meninggalkanku. Akupun tertawa sambil mengikutinya keluar kelas.

Hari ini merupakan hari terakhir kami sekolah, karena mulai besok hingga dua hari kedepan sekolah diliburkan karena menyambut datangnya awal bulan Ramadhan. Ini berarti hari terakhir kami bisa makan siang di kantin sekolah.

Mengingat hal tersebut aku langsung melangkahkan kakiku menuju kantin, mumpung Triana masih berada disana.

Saat hendak menuju kantin aku sempat menoleh memperhatikan kelasnya Dian yang sedang khusyuk mendengarkan penjelasan dari guru. Secara tak sengaja aku saling beradu pandang dengan Dian dan dengan gerakan mulut memberikan kode tanpa mengeluarkan suara Dian bertanya padaku ‘mau kemana’ lalu ku jawab dengan menunjuk arah kantin.

Sesampainya di kantin ternyata tak hanya Triana saja yang kutemui. Ada beberapa temanku yang juga nongkrong di kantin ini. Dan kulihat Triana sedang asyik ngobrol bersama Ayu dan Hari.

“Lah... pada asyik nongkrong disini... Masuk wooii...” Sahutku ke arah teman temanku.

“Mumpung pet... Hari terakhir bisa makan di kantin... Besok lusa kan udah mulai puasa jadi sekarang di puas puasin makan siangnya.” Jawab Hari sambil menyuap sepotong bakwan jagung ke mulutnya.

Saat aku hendak memesan makanan di ibu kantin tiba tiba Dian muncul dan langsung menuju arahku.

“Eh... Honey... Kok bolos sih... Bukannya ngikutin pelajaran malah ngikut ke kantin..” Sapaku

“Yee... Sapa yang bolos... Aku kan ijin keluar mau beli minum...” Sahutnya sambil mengambil air mineral dan beberapa butir permen.

“Bu... Semua ini dibayarin yayangku ya... Yuk ah beib... Aku balik lagi ke kelas.” Ucap Dian ke ibu kantin sambil berpamitan ke aku.

“Eh... Barengan aja ge... Aku juga mau masuk kelas. Bu... Punyaku juga dibayarin yayangku itu ya...” Tiba tiba Triana bangkit dan mengikuti gaya Dian, Dian hanya tersenyum dan sedikit protes ke Triana.

“Yee... Unyil ikut ikutan aja... Lagian itu yayangku loh... Eh... Beib.. sekalian bayarin unyil juga ya...” Bukannya membelaku, Dian malah ikut menyuruhku untuk membayarkan semua pesanan Tiana.

“Kalo gitu sekalian aja bu... Punya saya juga dibayarin yayangku...” Kata Hari ikutan menunjukku.

“Kampret...!!! Semua minta bayarin... Ooii Har... Yayang ente masih duduk disini sama ane.. Apa perlu ane sandera yayang ente... Gapapa ente balik duluan ke kelas, tapi Ayu diem disini nemenin ane..” Sahutku bercanda, namun Dian yang masih berada disitu langsung mendekatiku dan menjambak rambutku dengan gemas.

“Mulai macem macem ya...!! Padahal masih ada aku loh disini...!!” Gerutunya. Aku hanya bisa teriak kesakitan sedangkan teman temanku tertawa melihat Dian yang marah kepadaku.

Akhirnya kamipun semua kembali ke kelas. Aku berjalan bersama Dian sampai di depan kelasnya kemudian kami berpisah. Saat aku hendak masuk ke dalam kelas tiba tiba Widi mengumumkan bahwa kami boleh pulang terlebih dahulu karena pelajaran masih kosong.

Semua teman temanku langsung berteriak kegirangan dan berhamburan masuk kedalam kelas untuk mengambil tas dan membubarkan diri.

Aku yang masih harus menunggu Dian yang masih belajar hingga bel pulang sekolah berbunyi hanya bisa duduk di depan kelasku sambil menyaksikan teman temanku berhamburan keluar kelas.

“Kamu nungguin toge, pak cik...?” Tiba tiba dari arah sampingku Tiana menegurku dan duduk di sebelahku.

“Loh... Kamu ga pulang nyil..? Nungguin sapa..?” Tanyaku heran saat melihat Triana duduk di sebelahku, bukannya malah langsung pulang.

“Kamu masih inget janjiku dulu sewaktu kamu marah sama aku karena ga ngasi tau kalo aku udah punya cowok..?” Bukannya menjawab pertanyaanku, Triana malah balik bertanya kepadaku dengan mimik wajah serius.

“Janji yang mana ya...” Kataku sambil mengingat ingat. Jujur aku tidak tahu arah pembicaraannya kali ini.

“Bukan janji sih sebenarnya... Dulu kan kamu pernah bilang ke aku kalo nanti setiap aku di deketin cowok atau aku jadian sama cowok harus ngomong dulu ke kamu...” Ucapnya sambil menundukkan wajahnya.

“Aahh... Yang itu... Eh... Emang sekarang kamu lagi ada yang deketin..?’ Tanyaku kaget. Dan kembali perasaan seperti saat aku baru mengetahui Triana pacaran dengan Tamjid dahulu.

“Tamjid udah beberapa hari ini selalu main ke rumahku. Dia ngajak aku untuk balik pacaran lagi.” Katanya pelan masih sambil menunduk dan memainkan jarinya.

“Hah... Tapi kamu belum ngiyain kan...” Kataku penasaran sambil meraih tangannya.

“Tau lah pak cik... Aku juga masih bingung neh...” Sahutnya dan membalas genggamanku.

Kamipun hanya duduk diam sambil saling menggenggam tangan. Entah kenapa perasaanku kembali kalut seperti ini. Ada satu sisi hatiku yang tidak terima mendengar Triana diajak berhubungan kembali dengan Tamjid. Namun di satu sisi akupun merasa bersalah apabila melarang hubungannya kembali dengan mantan pacarnya, walaupun jujur aku juga masih sedikit mengharapkan hubunganku dengan Triana bisa berjalan lancar saat Dian tak berada disisiku.

“Kok diem...?” Triana memecah keheningan kami.

“Kamu masih sayang sama dia...?” Tanyaku. Sebenarnya ini hanya pertanyaan retorik aja sih.... Aku tidak butuh jawaban Triana.

“Dia bilang sih akan berusaha berubah pak cik... Dia akan mau menerimaku dan teman temanku, terutama kamu.” Katanya sedikit mengejutkanku.

“Kok terutama aku..?”

“Karena dia sudah tau kalo... Aku juga sayang sama kamu...”

Aku langsung terdiam seribu bahasa. Genggaman tangannya langsung kulepaskan, namun kembali diraihnya tanganku untuk kembali digenggamnya.

“Dia juga bilang akan berusaha mengambil hatiku, merebutnya dari kamu. Dia sadar kalo selama ini aku pacaran sama dia Cuma sebagai pelarianku aja. Makanya itu Dia bilang akan berusaha terus merebut hatiku.” Ucap Triana terdengar lirih.

“Trus kamu percaya gitu aja semua omongannya..?”

“Apa alasanku untuk ga percaya omongannya??” Triana kembali balik bertanya kepadaku. Dan akupun kembali tak bisa menjawabnya.

“Bukannya sekarang aku sudah ga bisa lagi mengharapkanmu untuk jadi milikku?” Tiba tiba Triana mengejutkanku dengan perkataannya sambil menatapku seakan menantangku. Tampak matanya sudah mulai berkaca kaca.

“Ma-maksudmu...?” Ucapku pura pura tidak mengerti.

“Udah lah pak cik... Ga usah disembunyiin lagi. Aku tau kok kenapa kemaren kamu ngotot ngejar ngejar aku pengen tau apa yang diomongin Dian sewaktu dirumahku. Sebenarnya kamu sudah tau kan apa yang diomongin Dian...?”

“Aku Cuma pengen kamu ga salah tangkap omongannya Dian aja nyil... Bukan berarti kamu ga boleh lagi berteman atau deket sama aku. Dan aku ga mau gara gara omongan Dian ke kamu itu malah buat kamu menjauh dari aku.”

“Aku ga akan pernah menjauhimu atau pergi darimu, pak cik... Walau gimanapun aku masih tetap sayang kamu.” Ucapnya sambil menggamit lenganku dan merebahkan kepalanya ke pundakku.

“Anggap aja sekarang aku lagi ngasi kamu pelajaran gimana rasanya di duain sama orang yang kamu sayang. Hihihi...” Lanjutnya sambil tertawa dan melepas kacamatanya kemudian mengusap air matanya yang mulai keluar.

“Kok gitu... Berarti kamu mau nerima ajakan Tamjid untuk kembali...?”

“Boleh ga sekali ini aja aku ngerasain gimana rasanya punya pacar yang mau ngertiin aku, dan ngerasain gimana rasanya ada yang peduli sama diriku pribadi tanpa dibagi ke cewek lain...?”

Degg...!! Perkataan Triana kali ini sungguh sangat menusuk jantungku. Aku seperti ditelanjangi ditengah keramaian oleh ucapan Triana kali ini. Aku hanya bisa mengangguk pelan menjawabnya.

“Kamu ga perlu minta ijin ke aku kalo masalah itu. Itu memang hakmu... Aku aja yang segitu begonya mau menang sendiri, ga mau rugi kehilangan salah satu dari orang yang aku cintai.” Akhirnya aku bisa mengeluarkan kata kata itu, walau sangat pahit rasanya saat keluar dari mulutku.

“Seandainya ini bukan di sekolah, mungki aku udah minta cium ke kamu... Mungkin udah aku lumat bibirmu itu pak cik...”

“Kita masih bisa bersama kan... Aku masih punya kesempatan untuk mendapatkanmu..?” Tanyaku.

“Selama kamu tidak berhubungan dengan cewek lain... Aku tetap akan menantimu.” Kembali Triana merebahkan kepalanya dipundakku.

“Kamu ga jadi pulang Cuma karena pengen ngomong gini ke aku??”

“Tamjid bilang hari ini mau jemput aku pak cik... Jadi ya aku tungguin. Kebetulan juga kan kamu nungguin si toge...”

Tepat saat Triana selesai berbicara, bel tanda pulang sekolahpun berbunyi. Kamipun langsung melepaskan rangkulan kami dan duduk seperti biasa seolah olah tidak terjadi apa apa.

Triana langsung mengelap air matanya dan merapikan rambutnya yang sedikit acak acakan. Diapun pamit kepadaku menuju kamar mandi sebelum pulang kerumahnya.

Tak lama setelah kepergian Triana, dari arah kelas Dian kulihat sudah mulai membubarkan diri. Dan Dianpun keluar menghampiri diriku.

“Lama ya nungguinnya beib... Kelasmu sih pake acara jam kosong segala...” Sahutnya cuek kemudian ikut duduk disebelahku.

“Nungguin sapa..? Kok masih duduk disini.. Ayo balik...” Ajaknya.

‘Tungguin Unyil masih di kamar mandi honey... Kasian tar ga ada temennya disini.” Sahutku.

“Loh... Dia belum pulang..? Emang nungguin sapa? Masa mau nebeng sama kita, ga bisa kan bonceng tiga...”

“Dia nunggu di jemput temennya, katanya udah janjian. Ga enak kalo mau ditinggal.” Kataku tak mau menceitakan semua kepada Dian.

Kembali aku terdiam sambil menatap kosong ke depan tanpa mempedulikan Dian yang berada disampingku.

“Kamu lagi ada masalah..??” Tiba tiba Dian bertanya.

“Ga tuh... Emang kenapa..?”

“Raut wajahmu ini sepertinya pernah aku liat... Tapi pas kapan ya... Seperti ada yang dipikirin.” Tebaknya. Namun aku tetap tak menggubris pertanyaannya.

“Si unyil nungguin sapa beib...?? Kok tumben ada yang jemput.” Tanyanya sedikit penasaran.

Belum sempat aku menjawab pertanyaan Dian, Triana sudah muncul di dekat kami dan mengajak untuk berjalan bersama.

“Nyil...Katanya kamu lagi nungguin seseorang yang mau jemput kamu, sapa sih?? Kok tumben tumbenan pake di jemput segala..” Tanya Dian penasaran.

“Tar juga kamu liat sendiri ge.. Iya ga pa cik...Hihihi...” Sahut Triana menambah rasa penasaran Dian.

Dian terus saja memaksa Triana untuk bercerita hingga saatnya kami berpisah di parkiran motor. Aku dan Dian menuju tempat parkir motorku sedangkan Triana langsung berjalan keluar halaman sekolah.

Dan sekarang gantian Dian memaksaku untuk menceritakan siapa yang di tunggu oleh Triana, Dan aku tetap tidak mengindahkannya.

“Aku inget sekarang... Raut wajahmu yang seperti tadi... Raut wajah saat kamu baru tau kalo Triana punya pacar...” Ucap Dian sedikit gembira bisa menebak raut wajahku.

“Emang Unyil sekarang udah punya cowok beib...?? Kamu cemburu lagi ya...” Tebaknya.

“Sekarang udah ga kayak dulu lagi honey. Sekarang aku udah punya kekasih yang jauh lebih sempurna dibanding kekasih orang lain maupun cewek lain...” Sahutku mantap. Dian langsung merangkulku dan mencubit perutku pelan.

“Gembel lagi...” Ucapnya gemas.

Kamipun langsung keluar dari parkiran sekolah. Dan tepat di seberang jalan depan sekolah kami melihat Triana baru saja hendak naik ke atas motor seorang cowok. Akupun langsung tersenyum ke arahnya.

“Loh.. Itu kan... Tamjid Beib... Unyil balikan lagi sama dia...? Dian kaget melihat Tamjid menjemput Triana.

“Iya honey... Mereka balikan lagi. Biarin Unyil ngerasain punya orang yang sayang sama dia...” Ucapku sedikit getir.







-------------------------------------

No comments:

Post a Comment