Friday 15 June 2018

Cerita SMA....61

FITRIANA RAHAYU

[​IMG]


SANDY NURHANDINI WULANDARI

[​IMG]





Masa Ospek dan penataran P4 sudah selesai. Sekarang kami sudah mulai belajar seperti semula. Sudah lebih dari sebulan Memey tak lagi berani mengejarku atau bersemangat mendekatiku sejak Triana ‘membantuku’ dengan ucapannya ke Memey saat di kantin sekolah tempo hari.

Mungkin juga karena hampir setiap hari Memey melihatku yang selalu menjemput dan membonceng Triana membuat Memey menjadi lebih percaya kalau kami benar-benar pacaran.

Namun bukan berarti Memey sudah menghilang dari kehidupanku, tidak. Kami masih tetap saling tegur jika bertemu di sekolah. Dan ia juga masih mencari perhatianku apabila aku sedikit merespon perilakunya saat kami bertemu atau sekedar mengobrol.

“Pet… Dapet salam dari Wulan… Neh tadi dia nitipin surat ke aku buat kamu..” Budi, sang ketua OSIS somplak menghampiriku yang sedang duduk ngobrol seperti biasa di kelas bersama Arman dan Triana.

“Woi nong-nong… Kamu jangan sembarangan ngenalin Pak Cik ini sama cewek ya… Dia dah punya pacar..!!!” Sungut Triana sambil langsung merebut surat dari tangan Budi.

“Lho… saya kan Cuma nyampein amanat aja… Ada yang nitipin surat lewat saya ya saya sampaiken…” Ucap Budi polos dan langsung pergi meninggalkan kami.

“Tenang aja Nyil… Kopet ini paling Cuma iseng kenalan aja, Cintanya kan tetep sama Dian, ga mungkin dia berani ninggalin Dian yang udah sempurna gitu..” Arman membelaku.

“Tapi itu sama aja selingkuh namanya…” Protes Triana.

“Apa bedanya tiap kamu jalan bareng ama dia?” Tanya Arman lagi.

“Beda lah… Kalo itu kan kita ga ada perasaan apa-apa. Lagian kita kan udah masing-masing punya pasangan dan udah kenal juga sama pasangannya.”

“Sama aja lah.. Emang klo orang lain yang ngeliat kalian lagi jalan bareng bisa mikir kalo kalian ga ada apa-apanya?? Boncengan aja biasa pake peluk-pelukan gitu…” Balas Arman.

“Udah… Ngapain pake diributin segala, Cuma surat aja kok…” Sahutku sambil meraih surat yang ada di tangan Triana.

Triana awalnya menolak memberikan surat itu kepadaku, namun dengan sedikit paksaan dan merampasnya akhirnya surat itu berada di tanganku. Aku langsung membuka dan membaca isinya.

Hai cowok… Boleh kenalan? Sorry kalo udah nekat ngirimin surat ini. Kalo mau ketemu aku tunggu nanti jam istirahat di kantin. SNW’

“Iihh… Cewek apaan yang model gini, berani banget ngirim surat ngajakin ketemuan lebih dulu..!! Huh…!!! Awas aja Pak Cik aku laporin Dian lo..!!” Sungut Triana yang tadi ikut membaca surat itu dan sekarang sedang memprotesku.

“Tenang aja Nyil… Aku ga macem-macem kok… Kalo emang ga percaya kamu boleh ikut deh tar ke kantin.” Jawabku santai.

“Jadi kamu beneran niat ketemu ama dia??” Tanyanya lagi.

“Ga apa-apa kan kalo Cuma sekedar ketemu aja..”

Triana tak mnjawab, hanya langsung membuang muka dan melengos ke arah lain sambil menggerutu mendengar jawabanku.

“Kayaknya yang lebih cemburu denger ente mau ketemuan itu Triana hep… Ati-ati ente, sepertinya dia udah mulai maen hati sama ente.” Bisik Arman mengingatkanku.

Aku tersenyum menjawab ucapan Arman. Tiba-tiba Triana berbalik dan merebut surat yang ada di tanganku dan melipatnya.

“Awas aja kalo kamu macem-macem Pak Cik..!! Surat ini bakal nyampe ke tangannya Dian..!!” Ancamnya.

“Jangan lah Nyil... Aku kan ga ngapa-ngapain, Cuma sekedar ketemuan doang. Kamu kalo ga percaya bisa ikut lah tar ke kantin..”

“Traktirin tapi...”

“Iyaa... Aku traktirin deh apa maumu...” Jawabku pasrah. Triana tersenyum culas.

Dan sesuai janjiku, saat jam istirahat tiba aku langsung menuju kantin sekolah ditemani Arman dan Triana yang memaksa untuk tetap ikut denganku. Sesampai di kantin aku melihat Budi sedang duduk bercengkerama dengan beberapa cewek kelas dua.

Saat aku memasuki kantin, Budi dan cewek-cewek tersebut langsung menoleh ke arah kami. Budi tersenyum simpul sambil memberikan kode kepadaku menunjuk salah satu cewek yang ada di depannya. Di depan Budi duduk dua orang cewek, yang satu bertubuh tinggi kurus menggunakan kacamata, Kulitnya hitam manis eksotik. Sedangkan yang satu lagi bertubuh mirip seperti Dian dengan kulit sedikit lebih gelap.

“Yang mana Pet orangnya..?” Bisik Arman.

“Mana ane tau... Lah.. Katanya dia temen sekelasnya Nuri, harusnya ente dong yang lebih tau yang mana orangnya.” Balasku dengan berbisik juga.

“Ane kan ga pernah ketemu sama orangnya, Jadi wajar dong kalo ga tau juga..”

“Dah... Nyari tempat duduk dulu... Pesen makan dulu kek, baru ngomongin cewek...” Sungut Triana sambil menarik tangan kami menjauhi tempat duduk Budi dan memilih meja yang berada sedikit lebih ke dalam lagi.

Setelah mendapatkan tempat duduk, Arman langsung beranjak memesankan makanan untuk kami. Sedangkan Triana hanya duduk diam menekuk wajahnya sambil memperhatikan ke arah Budi yang masih terlihat asyik mengobrol dengan cewek-cewek tersebut.

Tak berapa lama Budi melambaikan tangan memanggilku setelah mereka terlihat berbisik-bisik sambil tertawa memandang ke arahku.

“Tuh Pak Cik... Samperin gih si nong-nong... Biar cepet kelar urusannya. Awas aja kalo sampe ngelanjut terus...!!” Ucap Triana ketus sambil mengusirku dan menyuruhku untuk menghampiri Budi.

Aku beranjak dari meja kami dan melangkah dengan ragu menghampiri Budi yang masih mengobrol sambil memperhatikanku dengan senyum yang dibuat semanis mungkin. Njiirr... Senyuman Budi itu malah membuat tampangnya semakin aneh dan mengerikan.

“Woi.. Nong... Cengengesan terus dari tadi... Mentang-mentang dikerubutin cewek...” Sapaku ketika sudah berada di samping Budi.

“Sompret... Kamu tuh ga bisa manggil nama atau panggil yang kerenan dikit lah... Ngejatuhin pasaran aja sih..” Sahut Budi.

“Nah.. Lagian kamu kemana-mana tetep aja bawa lapangan terbang di jidatnya..” Balasku masih mengejeknya. Otomatis cewek-cewek yang ada di sekitar Budi langsung tertawa mendengar ejekanku.

“Udah... Ga usah ngejek lagi... Kenalin neh... Yang tadi ngirimin kamu surat, yang katanya ngebet banget kenalan sama kamu.” Ucap Budi sambil menunjuk ke cewek tinggi kurus berkacamata.

“Iiihh... Apaan sih kak Budi... Yang nulis surat tadi itu si Astri, pake jual-jual namaku segala..” Ucap cewek berkacamata sambil tersipu malu.

“Halo...” Sapaku mengulurkan tangan mengajak kenalan.

“Hai... WULAN... Sorry lho kak... Aku itu di kerjain sama temen-temenku, bukan aku yang nulis surat itu.” Balas Wulan sambil menyalamiku dengan malu-malu.

“Oohh... Jadi bukan kamu yang pengen kenalan..?? Ya udah kalo gitu aku balik lagi ya kesana...” Sahutku dingin sambil menunjuk ke meja tempat Arman dan Triana duduk.

“Dingin banget sih kak tanggapannya.... Takut ya sama ceweknya yang itu?? Masa si Wulan aja yang disalami... Aku kok ga.” Ucap teman Wulan yang posturnya mirip Dian.

“Iya Pet... Duduk disini dulu lah.. Ngobrol-ngorol bareng kita...” Budi ikut memaksaku untuk bergabung dengan mereka.

“Makasih... Aku duduk di sana aja... Udah terlanjur dipesenin makan noh sama Arman.”

“Ooohh... Jadi kakaknya Nuri itu namanya kak Arman ya... Salamin dong kak..” Sahut temennya Wulan yang setelah kenalan bernama Astri.

Aku tak menanggapi kata-kata Astri. Ku lirik sejenak Wulan yang nampak masih grogi dengan kehadiranku disini. Sedangkan Astri malah nampak lebih agresif mengajakku ngobrol.

“Itu pacarnya ya kak.. Yang kecil imut pake kacamata..?” Tanya Astri lagi.

“Bukaann... Dia itu Cuma temenan aja... Cuma emang deket banget kok... Tenang aja, Kakak ini lagi epilebel kok...” Budi sontak menjawab pertanyaan Astri. Mungkin ia pengen bergaya menggunakan bahasa inggris dengan menyebut kata available dengan sebutan epilebel.

“Lan... Kamu kok diem aja dari tadi..?? Grogi ya disamperin sama pujaan hatinya.. Cie...cie...” Astri menggoda Wulan. Wulan tampak semakin salah tingkah, wajahnya semakin memerah mendengar godaan temannya.

“Pet... Diajakin Wulan nonton konsernya GIGI di gedung KONI... Kebetulan juga aku jadi panitianya.” Sahut Budi tiba-tiba.

“Eehh... Bohong... Ga pernah... Aku ga pernah bilang mau ngajak nonton kok...” Ucap Wulan gelagapan.

“Eh, ada GIGI ya konser... Kapan..? Wah... Ajakin Arman juga lah nonton. Dia kan fans beratnya GIGI tuh... Minta tiket dong Bud...” Jawabku antusias begitu mendengar Gigi akan konser di kotaku.

“Malem minggu besok...” Tiba-tiba Wulan menjawab pertanyaanku.

“Cie...cie... Beneran ngajak nonton... Sekalian kencan tuh...” Goda Astri lagi. Dan otomatis membuat Wulan menjadi semakin salah tingkah. Ia langsung mencubit Astri.

“Kalo kamu perginya bareng Wulan, aku gratisin 2 tiket deh buat kalian... Mau ga Lan..?” Tanya Budi.

“Ya mau lah kalo tiket gratis...” Sahut Wulan masih malu-malu.

“Cie...cie... Yang jadi kencan...” Kembali Astri menggoda Wulan.

“Gimana Pet..? Mau ga..?” Tanya Budi mengejarku.

Tapi belum sempat aku menjawab, dari arah pintu kantin terlihat Memey datang hendak belanja di kantin ini. Ia melihatku yang sedang mengobrol dengan Budi langsung tersenyum dan menghampiri kami.

“Halo Ko... Udah lama disini..? Memey boleh ikut gabung ga sama Koko disini...?? Kursi yang lain pada penuh semua.” Memey menyapaku.

“Waduh... Ini bukan mejaku... Kalo kamu ikut duduk disini tar malah kayak kambing congek dicuekin sama mereka. Mending ikut aku duduk bareng di sana aja yuk...” Ajakku sambil menunjuk ke arah Triana dan Arman.

Astri dan Wulan nampak sedikit kesal melihat kehadiran Memey disini. Sepertinya mereka sedikit merasa terganggu dengan kehadiran Memey.

Melihat Triana yang duduk bareng Arman dengan wajah di tekuk membuat Memey terdiam. Ia seperti sedang menimbang-nimbang sesuatu.

“Udah... Gapapa... Mending duduk disana aja... Yuk..” Sahutku sambil menarik tangan Memey. “Aku tinggal dulu ya... Kalian lanjutin lagi ngobrolnya. Kapan-kapan kita sambung lagi.” Ucapku pamitan ke Budi dan Wulan.

“Eh.. Gimana tuh tawaran Wulan... Mau ga..??” Tanya Budi.

“Boleh... Tar aku ajakin Arman juga ya sekalian...”

Aku pun menggandeng tangan Memey mengajaknya menuju meja tempat Triana dan Arman menunggu. Triana dan Arman nampak tersenyum meilhatku sedang menggandeng Memey.

“Waahh... Tumben neh Memey jadi penyelamat Kokonya... Makasih ya Mey udah bawa balik Kokomu kesini..” Sapa Triana ketika aku baru saja meletakkan pantat di kursi sebelah Triana.

“Tumben mau gandengan tangan hep...” Ejek Arman. Namun aku tak menghiraukan omongan kedua sahabatku ini.

“Ente dapet salam tuh dari temennya Wulan.. Si Asri.. atau Astral.. Lupa ane namanya..” Ucapku menyampaikan salam temennya Wulan ke Arman.

“Astri... Namanya Astri... Kalo dia ane tau lah.. Udah pernah berapa kali maen ke rumah.” Jawab Arman.

“Kayaknya dia naksir ente dah hep...”

“Males... Anaknya matre... Katanya ga mau diajak jalan kalo ga pake mobil... Bisa tekor ane kalo jalan ama dia..”

“Oya... Kata Budi malem minggu besok ada GIGI loh konser di KONI.. Nonton yuk...” ajakku.

“Wah... Mau lah... Beli tiketnya dimana..?? Pasti ente nonton bareng Wulan kan..??” Tanya Arman antusias.

Triana dan Memey langsung menunjukkan wajah keheranan mendengar perkataan Arman. Mereka berdua sudah siap henak mengeluarkan pertanyaan. Mulutnya sudah terbuka hendak berbicara.

“Budi yang nawarin, dia kan ikut jadi panitia. Jadi sekalian promosi gitu mungkin. Dia nawarin kalo mau beli tiket ke dia aja langsung. Lagian masa baru kenal udah langsung ngajak nonton..” Potongku sebelum kedua cewek ini membuka suara.

“Kamu mau ikut Nyil..? Biar nanti aku pesenin sekalian tiketnya.” Arman menawarkan membeli tiket untuk Triana.

“Ga ah... Malem minggu besok aku mau ke gereja.” Tolak Triana.

“Loh... Kakak ini ke gereja juga..? Gereja dimana kak..?” Tanya Memey.

“Di deket kantor walikota. Kenapa..?” Sahut Triana.

“Wah... barengan dong gerejanya sama aku. Tapi kok ga pernah ketemu ya kak...” Ucap Memey excited.

“Aku jadwal ke gerejanya ga tentu... Kadang malem minggu, kadang minggu sore atau pagi, se sempetnya aja sih...” Jawab Triana cuek.

“Nah... Ato ngajakin Memey aja nontonnya...” Sahut Arman sambil tersenyum menggodaku.

“Dia kan ke gereja juga..” Potongku.

“Memey bisa kok ke gerejanya minggu sore...” Jawab Memey.

“Nah... cocok tuh... Bareng Memey aja Pak Cik... Kalo sama Memey aku ga keberatan deh...Hihihihi..” Triana ikut menggodaku.

“Ini khusus acara cowok... Ribet kalo bawa cewek nonton konser, tar desek-desekan, ribet... Nanti saling senggol terus bawaannya berantem. Kan ribet kalo ditambah jagain cewek..” Elakku.

“Betul... Mending aku sama Kopet aja yang pergi nonton, lebih enak kalo cowok aja.” Tambah Arman.

“Nah... Gimana kalo aku boncengan bareng Arman, tar Memey bareng Pak Cik aja...” Kembali Triana memberikan usul aneh.

Memey tampak sumringah mendengar usul Triana. Dengan wajah berseri-seri ia menatapku menanti jawaban dariku. Sedang Triana tersenyum sambil memainkan alis matanya melihat tingkah Memey.

“Ga usah... Biar kita berdua aja yang jalan. Berat tanggung jawabnya kalo bawa anak orang nonton konser..” Protes Arman keukeuh dengan pendiriannya.

“Iya betul... Ini Boy’s time...” Imbuhku.

“Hmmm.... Kenapa dua cowok ini jadi aneh begini.. Pasti ada maksud apa-apa neh... Pak Cik... Awas ya kalo kamu sampe ketauan macem-macem...” Selidik Triana curiga.

“Lagian ngapain juga kamu tetep maksa pengen ikut..? Katanya tadi males... Pengen ke gereja... Nah... Sekarang malah maksa mau ikut..” Balas Arman.

“Pokoknya awas aja kalo sampe kamu ngajakin Pak Cik yang aneh-aneh... Aku laporin Dian loh...” Ancam Triana.

“Loh... Katanya Koko udah putus sama mbak Dian, trus pacaran sama kakak ini... Gimana sih..” Memey tampak bingung mendengar ucapan Triana.

“Udah... Ga usah dipanjangin. Balik yuk... bentar lagi masuk...” Ajak Triana sambil beranjak dan menarik tangan Memey.

“Duluan deh... Aku masih mau nanya dulu sama Budi.” Tolak Arman.

Dan Triana pun pergi bersama Memey meninggalkan aku dan Arman yang masih duduk menghabiskan minuman kami.

“Ente sebenarnya ngajakin Wulan nonton kan hep..??” Selidik Arman.

“Ho oh...” Jawabku singkat.

“Hahaha... Bangke... Bener kata Surya... Ente ga betah kalo ga ada cewek..”

Saat sedang menikmati sisa minumanku, aku melihat Budi sedang bersiap-siap hendak meninggalkan kanti bersama Wulan dan teman-temannya. Aku langsung bangkit mengajak Arman untuk pergi juga kembali ke kelas. Saat berpapasan dengan Wlan di pintu keluar aku menegurnya sebentar. Teman-temannya langsung riuh menggoda kami.

“Eh, bentar... Besok kita jadi nonton kan..?” Tanyaku ke Wulan.

“Ya.. Terserah kakak lah... Aku mah ngikut aja..” Jawabnya masih malu-malu.

“Kalo jadi tar aku jemput kamu deh... Abis maghrib ya... Oya... Minta alamat rumahmu dong, sekalian nomor telepon rumahmu.” Pintaku.

Wulan langsung mengeluarkan secarik kertas dan menuliskan alamat rumahnya dan menyerahkannya kepadaku.

“Doo... Udah mulai tuker-tukeran alamat rumah dan nomor telpon rupanya... Kayaknya ada yang bakal jadian neh bentar lagi..” Goda teman-teman Wulan.

Setelah menerima alamat rumah dan nomor telepon Wulan, aku pamitan untuk kembali ke kelas. Aku berjalan sambil membaca alamat yang diberikan Wulan. Tiba-tiba Arman merebut kertas itu dan ikut membacanya. Tak lama ia pun tersenyum sambil menyerahkan kembali kertas itu kepadaku.

“Nah... Pas banget kalo gini. Besok kita berangkatnya bareng aja hep sambil ente jemput Wulan.”

“Lah.. Ngapain ente ikut jemput Wulan segala... Bukannya malah muternya jauh kalo ente ikut jemput bareng ane.” Tanyaku bingung.

“Ente masih inget kalo di Bali dulu ane pernah cerita kalo punya cewek dan janji bakal ngenalin ente..?” Arman tak menjawab pertanyaanku, malah balik bertanay kepadaku.

“Emang ente mau ngajak cewek ente itu..?” Tanyaku. Arman mengangguk mantap.

“Alamatnya Wulan sama kayak alamat cewek ane... Ternyata dia sekompleks.. Mirip kayak rumah kita gitu lah jaraknya...” Ucap Arman.

“Pas... Kalo gitu besok kita double date dong... Hahahaha...”



~ - • - ~



Hari semakin cepat berganti. Rutinitasku masih seperti biasa, ke sekolah, nongkrong bareng Arman dan lainnya, menanti telepon dari Dian atau pergi ke wartel menelpon kos Dian di Yogya sana.

Aku menceritakan bagaimana Triana ‘menjagaku’ dari Memey yang sekarang satu sekolah denganku. Dian tertawa terbahak-bahak mendengar ceritaku. Katanya ia tak dapat membayangkan bagaimana raut wajah Triana yang kesal campur gemas menghadapi tingkah cuek dan polos Memey.

Dian juga bercerita ia sudah mulai mempunyai teman di kos dan kampusnya. Ia juga menceritakan bagaimana pengalamannya saat kuliah yang ternyata jauh berbeda dengan masa SMA. Dulu sewaktu SMA ia ingin sekali cepat kuliah karena beranggapan merasa bebas tak terikat dengan PR dan pelajaran yang membebani setiap harinya. Sekarang setelah menjalani dan merasakan bagaimana kuliah itu, ia merasa ingin sekali kembali ke jaman SMA. Katanya ternyata masa SMA itu jauh lebih santai dan bebas ketimbang sekarang.

Dian berkata kemaren saat SMA kita hanya mengikuti semua mata pelajaran yang sudah terprogram dari kelas satu hingga tamat, tanpa harus berfikir target lulus atau tidak naik kelas, yang penting rajin masuk dan mengikuti semua mata pelajaran sudah bisa dipastikan kita akan lulus atau naik kelas. Sekarang saat kuliah, ia harus selalu memikirkan bagaimana belajar untuk meraih nilai yang cukup agar bisa mengambil mata kuliah yang lebih banyak di semester berikutnya supaya target lulus berapa tahun bisa tercapai.

Dan seperti biasa, kami selalu melepas beribu kata-kata kangen dan rindu. Berkhayal tentang saat nanti kami kembali bersama di Yogya atau merencanakan kegiatan kami saat nanti ketika bertemu sewaktu liburan kuliah Dian yang berjanji akan kembali pulang ke kotaku.

Soal rencanaku dengan Wulan aku jelas tak berani menceritakan ke Dian, itu sama saja bunuh diri namanya. Aku sudah memberi tahu Dian kalau malam minggu besok aku tidak bisa menelponnya dengan alasan diajak nongkrong oleh Arman dan teman-temanku. Sebagai gantinya Dian memintaku untuk menelponnya sabtu sore atau sebelum aku pergi dengan teman-temanku.

Tentang Wulan... Kami walaupun satu sekolah namun jarang ketemu. Maklum posisi kelas kami yang berjauhan membuat kami tak bisa ketemu setiap saat. Mungkin hanya saat kebetulan waktu kami sama-sama sedang belanja di kantin baru kami bisa saling sapa dan sedikit ngobrol, ditambah lagi Wulan juga jarang sekali main ke kantin.

Sepertinya Wulan juga masih malu untuk sekedar menegurku lebih dulu atau mengajakku ngobrol. Dan aku juga merasa malas jikalau harus mendatangi kelas Wulan, karena terus terang selain aku tak banyak mengenal adik kelas dua, kelas Wulan juga berdekatan dengan kelasnya Memey. Pastinya anak itu akan sangat over acting menarik perhatianku saat mengetahui aku main ke kelasnya Wulan.

Dan siang itu aku sengaja mencegat Wulan saat melihatnya sedang berjalan menuju kantin. Aku hendak menanyakan rencana kami nonton konser besok malam.

“Lan... Mau ke kantin..?” Sapaku sambil mensejajarkan langkahku dengannya.

“Eh.. Iya kak... Kakak mau ke mana kok ke arah sini..?” sahutnya masih sedikit gugup. Astri, teman Wulan yang awalnya barengan berjalan dengannya, sengaja memisahkan diri meninggalkan Wulan dan aku yang sekarang berjalan beriringan.

“Jangan panggil kakak lah... Kesannya udah tua banget. Panggil nama aja ya... Oya.. Besok malem jadi ga neh..?”

“Terserah kak.. Eh... Pet... Aduh... Aku kok malah risih ya ikut manggil Kopet...” Wulan malah semakin gugup. Aku menghentikan langkah dan tersenyum memandangnya. Ia pun ikut menghentikan langkahnya menungguku.

“Ga masalah... Panggil ‘PET’ juga gapapa... Udah biasa kok anak-anak manggil aku seperti itu. Aku malah ngerasa jadi lebih akrab aja kalo dipanggil ‘PET’.” Jawabku.

“Oya.. Kok malah terserah sih... Mau ga neh jalan bareng aku..?” Lanjutku.

“Yaa.. Mau aja sih Pet... Tapi gapapa kalo kita jalan bareng..? Secara kan malem minggu, masa kamu ga keluar bareng cewekmu..?” Ucapnya balik bertanya.

“Aku lagi ga punya pasangan... Jadi bebas-bebas aja mau keluar bareng sapa. Hahaha”

“Emang cewek yang kemaren duduk bareng kamu di kantin itu ga marah..?” Selidiknya.

“Triana maksudmu..? Unyil itu sih bukan siapa-siapa... Dia sahabatku. Wajar kan kalo sahabat khawatir waktu liat sobatnya pertama kali kenalan sama orang lain yang dia belum kenal. Tar kalo udah kenal jadi biasa aja kok... Anaknya enak diajak ngobrol. Harusnya aku yang nanya seperti itu... Kamu ga masalah keluar bareng aku..?”

“Ya ga masalah lah... Asal ijin dulu sama orang tuaku.”

“Maksudnya cowokmu... Ga marah tar ngeliat kita nonton bareng..?”

“Aku ga punya cowok kok...” Jawabnya singkat sambil melanjutkan langkahnya menuju kantin.

“Lan... Bentar...” Aku meraih tangannya, menahannya untuk tidak beranjak dari tempat itu. Ia tampak malu dan sangat grogi saat kupegang tangannya.

“Kamu biasa pulang sekolah bareng sapa..?” Tanyaku.

“Eh... Aku biasa dijemput Papaku... Kenapa..?”

“Yah... Kirain pulang sendiri naik angkot ato apa kek...”

“Rumahku itu jauh... Masa mau naek angkot dari sini... Bisa pindah angkot berapa kali... Tapi hari ini papaku ga jemput deh.. Terpaksa tar balik bareng Astri.”

“Kalo aku yang anter kamu pulang boleh ga..?” Tanyaku memberanikan diri.

“Eh.. Rumah ku jauh loh... Lagian kamu kan biasa balik bareng temenmu itu. Tar kalo nganterin aku, temenmu bareng sapa? Kasian dong dia...” Ucapnya sedikit menolak ajakanku.

“Dia kalo hari jumat gini biasanya di jemput ama cowoknya, dan tadi dia udah bilang bakal balik sendiri kok. Lagian kalo aku nganter kamu sekarang kan jadi tau rumahmu, besok pas nonton konser jadi ga bingung lagi nyari alamatmu waktu jemput besok..” Kataku memberikan alasan.

“Hmm... Gimana ya... Tapi tar naiknya jangan dari parkiran ya... Atau tungguin sekolah sepi dulu, atau kamu nunggunya di luar sekolah aja. Soalnya aku malu diliatin pulang bareng kamu...” Sahutnya sambil tersipu.

Aku pun tersenyum dan mengangguk menyanggupi pintanya. Kami kemudian melanjutkan tujuan awal menuju kantin. Dan sesampainya disana teman-temanku langsung menyoraki dan menggodaku. Wulan yang pemalu langsung melarikan diri menjauh dariku dan bergabung dengan teman-temannya.

Siang itu Wulan benar-benar menungguku di tempat yang sudah kita tentukan berdua sebelum pulang tadi. Aku keluar kelas sedikit terlambat karena Bu Ainun sempat memberikan sedikit pengarahan sebelum pulang tadi.

Dan sekarang kami sudah berada diatas motor, di tengah teriknya panas matahari siang ini. Ternyata rumahnya Wulan memang benar-benar jauh dari sekolah kami. Aku jadi teringat cerita Arman yang memiliki pacar yang rumahnya satu kompleks dengan Wulan. Dan aku tersenyum saat membayangkan bagaimana Arman harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh saat hendak ngapel malam minggu atau hendak jalan-jalan dengan pacarnya.

Sepanjang perjalanan aku lebih banyak bertanya segala hal tentangnya. Sedangkan Wulan lebih banyak bercerita tentang teman-temannya. Ternyata Wulan sifatnya tomboy dan periang jika kita sudah mengenalnya.

Dan sabtu sore ini aku sudah bersiap-siap dirumah Arman, meminta bantuannya untuk ikut menelpon Dian agar lebih dipercaya kalo aku memang benar jalan bareng Arman. Arman langsung menyetujui, karena ia juga membutuhkanku menemaninya menjemput kekasihnya, jadi itungannya win-win solution buat kami.

Malamnya, dengan menggunakan motor masing-masing kami berangkat menuju rumah Wulan. Aku menunggu di rumah Wulan sewaktu Arman menjemput pacarnya. Tipikal rumah di kompleks perumahan yang minimalis, memiliki sedikit taman kecil di depan rumahnya dengan car port model terbuka yang hanya muat satu mobil. Jika dibandingkan dengan rumah Dian yang merupakan rumah dinas pejabat tinggi kepolisian jelas berbeda, mungkin ini hanya setengah dari luas rumah Dian yang bisa parkir beberapa mobil.

“Kok sepi Lan.. Pada kemana?” Tanyaku melihat rumah Wulan tidak ada tanda-tanda kehidupan saat kami ngobrol di teras depan rumahnya.

“Pada keluar semua beli camilan, bentar lagi paling dah balik. Kak Arman Mana? Katanya tadi mau barengan.”

“Dia jemput ceweknya dulu, katanya rumahnya deket sini. Tadi jalan ke arah sana tuh..” Jawabku sambil menunjuk ke arah kiri rumah Wulan.

“Ternyata ada juga ya anak sekolah kita yang rumahnya disini, Aku pikir Cuma aku aja yang rumahnya disini. Hehehe..” Ujar Wulan.

“Kayaknya dia bukan anak sekolah kita deh… Soalnya aku ga pernah ngeliat Arman ngobrol bareng cewek atau jalan bareng ceweknya di sekolah. Mungkin dari sekolah lain.”

Tak berselang berapa lama, sebuah mobil berhenti di depan rumah Wulan. Wulan dengan tergesa-gesa berlari dan membuka gerbang rumahnya. Tak lama keluar seorang wanita muda bersama anak gadis kecil berumur sekitar lima tahunan dan seorang pria.

Aku yang berasumsi bahwa mereka adalah orangtua Wulan langsung berdiri dan bersiap memperkenalkan diri. Tampak Wulan sedang membisikkan sesuatu ke papanya dan sekilas papanya tersenyum sambil menatapku.

“Malam om, tante...” Sapaku dan meraih tangannya dan menyalami mereka.

“Malam juga... Ini pacar barunya Wulan yaa...” Goda papanya sambil tersenyum ke arah Wulan.

“Eehh... Bukaaann... Belum pah... Eh...” Sahut Wulan salah tingkah.

“Berarti bakal dong.... Ini kencan pertama ya...” Sang mama ikut menggoda.

“Mama apaan sih... Masuk aja gih... daripada godain terus..” Wulan semakin belingsatan digoda orangtuanya.

“Jadi nonton konsernya..?” Tanya papanya Wulan.

“Jadi om... Saya ijin ngajak Wulan nonton boleh om..?” Ujarku meminta ijin.

“Boleh... Ati-ati ya tar disana... Dan jangan lupa... Pulangnya jangan kemaleman...”

Setelah memberikan ijin, orangtua Wulan masuk ke dalam rumah. Aku dan Wulan kembali duduk di teras rumahnya sambil menunggu Arman.

Saat baru melanjutkan obrolanku dengan Wulan, dari arah kiri rumah Wulan terdengar suara cempreng motor 2-tak yang sudah aku hapal. Arman tiba sambil membonceng ceweknya. Ia hanya duduk diatas motor tanpa mematikan mesinnya dan memanggilku dari luar pagar.

“Masuk dulu kak... Aku pamit sama orang rumah dulu...” Sahut Wulan mempersilahkan Arman masuk.

Arman pun masuk menghampiriku menggandeng ceweknya dan mengenalkan kepadaku. Skilas aku perhatikan ceweknya Arman, Tampangnya yang tomboy dengan potongan rambut pendek sepertinya sudah sangat siap sekali menonton konser dengan dandanannya.

Ia mengenakan kaos hitam dengan gambar grup band Metallica dipadu jaket jeans belel dan rentetan gelang yang terbuat dari kulit dan beberapa gelang dari tali prusik menempel di tangannya.

“Pet... Kenalin neh...” Ucap Arman sambil menyodorkan tangan ceweknya ke arahku.

“Halo... Yuli...” Balasnya saat aku memperkenalkan diri.

Aku sedikit tersenyum memandang cewek Arman. Sungguh sangat berbeda 180 derajat jika harus dibandingkan dengan Wina yang seksi dan montok. Postur tubuhnya yang tak tinggi dan kurus dengan dada yang sedikit rata dan wajah yang menurutku lebih mirip cowok ketimbang seperti cewek. Entah dari segi apanya yang membuat Arman tertarik dengannya. Namun ya sudahlah... Selera orang memang berbeda-beda.

Sekarang saja jika Wulan dibandingkan dengan Dian jujur masih jauh lebih menarik Dian. Wulan yang kurus tinggi sangat susah jika harus dibandingkan dengan Dian yang dimataku sungguh sempurna. Tapi seperti yang tadi aku bilang, entah apa yang membuatku tertarik dengan Wulan. Mungkin dari segi warna kulit dan wajahnya yang nampak eksotik.

Dan disinilah kami, berada di tengah hiruk pikuknya penonton yang menantikan penampilan Arman Maulana dan teman-temannya. Sebelumnya ada beberapa band lokal sebagai band pembuka yang menghibur kami. Dan saat Ronald mulai menggebuk drumnya menandakan GIGI mulai perform, kami berteriak histeris.

Kami terhanyut sepanjang GIGI tampil membawakan lagu-lagu hits mereka. Aku memberanikan diri memeluk Wulan dari belakang saat Arman Maulana mendendangkan lagu KUINGIN. Awalnya Wulan sedikit kaget menerima pelukanku, ia sedikit menolak. Namun lama-kelamaan seiring hanyut dalam suasana musik yang mengalun, Wulan akhirnya menerima pelukanku dan membalas menggenggam lenganku yang melingkar di pinggangnya.

Namun tiba-tiba yang kurasakan saat ini bukanlah sosok Wulan yang sedang kupeluk. Entah kenapa rasanya tubuh itu perlahan berubah menjadi sosok Dian. Ia berpaling menatapku sambil tersenyum dengan manisnya. Dian kemudian lebih mengeratkan pelukanku seakan enggan untuk dilepaskan.

Seperti tersadar, aku langsung melepaskan pelukanku dari Wulan. Ia pun sedikit canggung dan bergeser maju agak menjauhiku.

“Maaf...” Hanya itu yang bisa kubisikkan di telinga Wulan.

Aku memanggil Arman yang sedang asyik menikmati lagu sambil dipeluk oleh Yuli dan menarik tangannya.

“Balik yuk...” Ajakku.

“Loh.. Kenapa..? Belum juga selesai” Teriak Arman heran disela-sela kebisingan.

“Ga enak, udah malem... Balik aja yuk...” Aku tetap memaksanya dan mengajak Wulan untuk pulang.

Damn I Miss her...

Miss my Dian...



Wajar bila terucap
Namamu malam ini
Bukan sekedar tanya
Dalam diri sendiri

Serasa terlintas lalu
Wajah yang kian menawan

Saat waktu berlalu
Anginpun terasa sendu
Senyuman yang termimpi
Makin terasa kini

Serasa terlintas lalu
Wajah yang kian menawan di hati

Kuingin hanyut
Dalam pelukanmu
Kuingin cinta
Hanya dari dirimu
Kasih




---------------------------------------

No comments:

Post a Comment