Friday 15 June 2018

Cerita SMA....62

FITRIANA RAHAYU
[​IMG]


SANDY NURHANDINI WULANDARI
[​IMG]


ANNISA YUNIATY
[​IMG]


SUSAN TRIHAPSARI
[​IMG]







Hari-hari seperti biasa aku jalani. Rutinitasku kembali berjalan normal. Aku masih menjemput Triana dan masih tetap nongkrong di kamar Arman setiap pulang sekolah. Hubunganku dengan Wulan masih biasa aja. Aku dan dia seperti sedang tarik-ulur dalam berinteraksi.

Kadang jika aku menegurnya di sekolah ia tampak masih malu-malu dan sedikit menghindar dariku. Namun terkadang tak jarang pula ia menitip salam dan mengajakku ngobrol di kantin. Kami tidak pernah main ke kelas masing-masing.

Aku memang sudah beberapa kali main ke rumah Wulan, kadang ditemani Arman yang sekalian ngapel ke rumah Yuli. Namun obrolanku dengan Wulan masih sebatas obrolan wajar antar teman biasa, belum ada rasa atau niat melakukan pendekatan lebih jauh lagi.

Arman sempat bertanya padaku mengenai malam minggu saat aku tiba-tiba memaksa mengajak pulang saat nonton konser kemarin. Kami sempat ngobrol di kamar Arman dan aku menceritakan semuanya tentang perasaanku yang tiba-tiba kangen Dian sewaktu nonton kemarin. Arman menghiburku dengan menenangkan hatiku dan berkata bahwa aku hanya sedang terbawa emosi dan teringat Dian saat mendengar lagu GIGI karena secara tak sadar aku teringat kenangan manis saat bersama Dian dan itu yang membuat aku berkhayal membayangkan Dian, bukan Wulan.

“Udah…. Daripada ente mikir yang nggak-nggak mending kita jalan aja yuk… kemana kek, nongkrong di rumah Dimas atau nonton balap liar di jalan lingkar sana..” Ajak Arman.

“Bentar hep… Ane masih ada pertanyaan buat ente, dari kemaren pengen nanya tapi lupa terus. Ente nemu cewek ente itu dimana??” Tanyaku teringat tentang pacar Arman yang baru.

“Hmm... Ente kan udah kenalan ama dia.” Sepertinya Arman malas membahas tentang ceweknya.

“Maksud ane, kenal dimana..? Jelas dia bukan anak sekolah kita.” Tanyaku mengejarnya.

“Dia temennya Tamjid, pacarnya Triana. Ane dikenalin Tamjid waktu ga sengaja pulang sekolah ane lewat di depan sekolahnya dia trus ketemu Tamjid lagi ngobrol ama Yuli.”

“Trus kok bisa jadian..? Sorry neh ya.. Bukannya apa-apa... Tapi kenapa ente ga terusin aja kejar Wina..? Dia kan lebih.. Maaf lagi neh... Dia lebih segalanya dari Yuli. Sorry hep... Bukannya ane ngejelekin cewek ente... Tapi...”

“Tapi cewek ane emang lebih jelek dari Wina. Hahaha... Kalem hep... Ane ngerti kok. Ane juga bingung kenapa bisa jadian sama Yuli. Lagian ane udah males ngejar Wina... Dia kayaknya menghindar terus setiap ane deketin. Tapi kadang dia masih ngasi harapan buat ane ngedeketin dia, misal kalau dia ga ada temen pulang, atau sedang butuh sesuatu. Ane malah jadi mikir, dia tuh sebenarnya suka sama ane atau Cuma manfaatin aja. Nah... Sama Yuli ini malah ane nyambung kalo ngobrol... Dia juga ga pernah maksain ane mesti dateng tiap malem minggu atau ngejemput dia pulang sekolah.” Arman sedikit curhat denganku.

“Yaa... Itu sih terserah ente aja hep... Ane ga bisa juga nuntut ente buat dapet cewek yang perfect, selera orang kan beda-beda. Tapi nih ya... Opini ane... Jangan sampe ente terpaksa jadian sama Yuli Cuma gara-gara ngebet pengen punya pacar aja. Dan inget... Gimanapun juga kalo milih pacar itu paling ga dia bisa membuat kita bangga bawa dia ke mall atau pamerin ke temen-temen nongkrong karena penampilan fisik dan dandanannya. Toh ente ga jelek-jelek banget kan orangnya... Masa harus nyari cewek yang penampilannya mirip laki gitu...” Ujarku menasihatinya.

“Kancut... Bilang aja Yuli itu jelek. Hahaha... Eh... Tapi ente juga kenapa bisa tertarik sama Wulan..? Dia kan levelnya jauh di bawah Dian dari segalanya.”

“Nah... Kalo itu ane juga bingung hep... Hahaha... Tapi kita kan belum jadian, masih dalam tahap penjajakan dulu lah... Belum tentu juga kita bakal jadian. Jujur sih ane masih tetep sayang dan cinta sama Dian. Cuma kalo inget omongan Surya kapan hari itu mungkin ada benernya juga, ane yang udah biasa kemana-mana bareng Dian sekarang jadi ga punya pasangan akhirnya nyari pelampiasan di cewek lain.”

“Kalo gitu kenapa ente ga jalan aja sama Triana... Udah jelas kan kalo kalian itu emang saling suka. Malah udah keliatan cocok banget tuh kalo kalian jadi pasangan diliat sama orang lain, apalagi ente ampir tiap hari anter jemput dia.” Arman balik bertanya kepadaku.

“Susah jelasinnya hep... Pertama... Ente masih inget kan dulu ane pernah ngomong apa untung ruginya kalo ane pacaran sama Unyil... Dan ane masih tetep berpegang sama prinsip ane itu, kalo ane ga mau besok pas ada reuni kelas kita, ane malah jadi saling ga teguran sama Unyil gara-gara pernah pacaran dan putus.” Jawabku.

“Itu kalo ente pacaran terus putus sama dia. Nah gimana kalo ternyata ente pacaran sama dia malah langgeng terus dan dia mau ngikutin ente pindah agama terus nikah sama ente..?”

“Masih ada Dian yang nunggu ane nanti pas lulus sekolah. Itu artinya ane bakal nyakitin Unyil Juga.”

“Katanya Cuma buat pelarian ente biar ada pasangan selama Dian ga bareng ente...”

“Tau lah... Lagian Unyil sekarang kan udah punya pacar. Ga mungkin lah ane suruh dia putus sama pacarnya. Dan ane ga mau ngerusak hubungan orang. Catet itu...” Jawabku sambil menunjuknya.

“Ane yakin dia pasti ga lama pacaran sama Tamjid. Dan dia juga pasti nunggu kesempatan biar bisa bareng sama ente. Ane tau kok aslinya Triana itu juga suka dan cinta sama ente.”

“Yaa... Kita liat aja besok.. What ever will be, will be... atau gampangannya gini aja lah... Save the best for the last... Hehehehe.”

“Kampret...!! Kalo gitu sama aja ente ngehianatin Dian dan masih berharap bisa dapetin Triana juga.” Protesnya.

“Daahh... Ga usah di bahas lagi lah... Jadi keluar ga neh..? Suntuk ane disini bedua ente terus...” Kataku sambil beranjak keluar dari kamar Arman.

Kami pun berboncengan keluar rumah dengan tujuan menjemput Dimas dan nongkrong di jalan lingkar untuk menonton balap liar.

Ketika kami baru saja tiba di ujung jalan kompleks, kami melihat dua orang cewek sedang berjalan sambil memantul-mantulkan bola basket yang mereka bawa di jalanan. Arman yang pertama kali mengenali mereka langsung menepuk pahaku.

“Pet... Itu anak SMP yang kita kenalan dulu waktu ente nganter Dian... Samperin Pet...” Sahut Arman bersemangat.

Aku pun melambatkan motor dan berhenti tepat di sebelah ke dua cewek ABG tersebut. Arman langsung melompat turun dari motor dan menegur mereka.

“Halo adik-adik manis... Mau kemana neh kok bawa bola basket segala..?” Sapa Arman sok ramah.

Kedua cewek itu awalnya kaget dan sedikit menghindar. Namun begitu mengenali Arman mereka langsung tersenyum sumringah. Dengan cerianya mereka langsung menyalami Arman dan aku yang masih duduk diatas motor.

“Eeehhh... Ada kak Arman... Bareng Koko juga... Kita mau maen basket, tapi masih bingung mau maen dimana. Pengen maen di sekolah tapi kejauhan. Kakak mau kemana...? Berdua terus saya liat dari dulu... Akrab banget...” Jawab Icha. Sedangkan Susan senyum tersipu malu sambil melirikku.

“Ga kemana-mana sih... Iseng aja pengen jalan-jalan tapi masih belum tau tujuannya kemana.” Ujar Arman.

“Lah... Katanya mau jemput Dimas... Gimana sih ente...” Protesku. Namun Arman dengan sigap mencubit pahaku memberikan kode.

“Maen basket di sekolah kita aja yuk... Kebetulan kita juga pengen olahraga..” Ucap Arman mengajak kedua ABG itu.

“Ente yang bener aja... Masa maen basket pake celana jeans gini hep...” Kataku mengingatkan lagi.

Arman kembali mencubit pahaku dan mendorong punggungnya ke arahku. Aku yang masih belum mengerti maksud Arman bingung melihat tingkahnya yang aneh. Sedangkan kedua ABG itu hanya bisa tersenyum simpul melihat tingkah kami yang ga sepaham.

“Jangan didengerin Kopet ini... Maklumin aja, dia lagi sedeng otaknya gara-gara baru abis putus sama ceweknya.” Ujar Arman kesal sambil memukulku.

“Loh... Berarti sama mbak yang seksi dulu itu dah putus Ko..?” Tanya Icha sambil melirik Susan

“Jangan panggil Koko lah... Saya bukan orang cina...” Protesku.

“Terus dipanggil apa dong..? Namanya susah banget diinget. Hihihi...” Balas Icha.

“Panggil aja Kak Pet... Beres kan... Gimana..? Jadi maen basket ga neh..?” Tanya Arman.

“Jadi lah kak... Tapi masa mau bonceng empat ke sekolah kakak..?”

“Tunggu bentar disini ya... Saya ambil motor lagi. Diem disini, jangan kemana-mana..” Ucap Arman semangat langsung memutar balik motor yang kami tumpangi kembali menuju arah rumahnya.

Dengan tergesa-gesa Arman melajukan motor ngebut menuju rumahnya. Sesampainya di sana ia langsung melompat turun dari motorku dan berlari ke dalam kamarnya untuk mengambil kunci motornya.

“Ini serius kita mau ke sekolah maen basket hep..?” Tanyaku heran.

“Iyaa... Ayo cepetan... Keburu mereka berubah pikiran...” Jawab Arman terburu-buru sambil memaksaku pergi.

Akhirnya kami pun pergi menggunakan motor masing-masing, kembali ke tempat kedua ABG tadi menunggu kami.

Sesampainya di tempat pertama kami ketemu, Icha dan Arman sedikit berdebat tentang siapa yang akan membonceng siapa. Icha mengusulkan ia dan Susan meminjam salah satu motor kami untuk boncengan, karena malu di bonceng oleh Arman maupun aku. Namun Arman menolaknya dengan alasan mereka masih belum begitu mahir mengendarai motor. Arman lebih menyarankan agar Icha boncengan dengannya, sedangkan aku bersama Susan.

Setelah beberapa saat berdebat dan melakukan negosiasi, akhirnya kedua ABG itu pun menyerah dan akhirnya mau di bonceng oleh kami. Kami pun batal pergi ke rumah Dimas dan lebih memilih menemani Icha dan Susan main basket di sekolah kami.

Sepertinya Susan orangnya lebih pendiam daripada Icha, selama diperjalanan ia sangat jarang sekali mengeluarkan suara. Bahkan saat ku tanya pun ia hanya menjawab seperlunya saja. Berbeda dengan Icha yang terlihat sudah mulai akrab dengan Arman. Tampak sesekali mereka tertawa bercanda sambil saling mencubit.

“Kakak beneran udah putus sama mbak yang dulu ketemu di rumah kak Arman itu..?” Tiba-tiba Susan bertanya padaku.

“Siapa bilang... Belum kok... Cuma sekarang lagi pisah aja.” Jawabku sambil tetap menjalankan motor.

“Emang pisah kenapa kak..? Udah ga cocok lagi ya..?” Tanyanya.

“Dia kan sekarang kuliah di Yogya... Makanya pisah. Tapi kita masih tetap pacaran kok...”

“Ooo... Kirain...” Jawabnya singkat. Kemudian kami kembali terdiam.

Sore itu kami pun mencari keringat bermain basket berempat bersama dua ABG yang baru saja ku kenal.

Arman nampak besemangat men-drible bola melawan Icha. Beberapa kali ia terlihat sedang menahan Icha memasukkan bola ke dalam keranjang sambil sesekali bercanda dengannya. Entah disadari atau tidak, Arman sepertinya sedang mencari perhatian ke Icha.

“Udah ah... Aku capek...” Tiba-tiba Susan dengan tak bersemangat melempar bola kearah Icha dan berjalan keluar lapangan.

“Sama...” Ucapku mengikuti Susan.

Aku dan Susan berjalan ke pinggir lapangan basket dan duduk sambil memperhatikan Arman dan Icha yang masih tetap bermain berdua tanpa merasa lelah.

“Kakak beneran udah putus sama mbak yang dulu itu..?” Tiba-tiba Susan kembali bertanya padaku sambil tetap menatap ke arah lapangan basket.

“Minum...?” Ucapku menawarkan air mineral dan menyodorkan ke Susan tanpa mempedulikan pertanyaannya.

“Makasih... Kenapa bisa putus kak..? Apa karena ga mau pacaran jarak jauh..?” Tanya Susan lagi sambil meneguk minuman dariku kemudian menyodorkan kepadaku kembali.

“Sapa bilang dah putus...” Sahutku.

“Cuma pisah aja ya... Hihihihi...” Godanya.

Aku hanya bisa tersenyum mendengar godaan Susan. Sesekali aku mencuri pandang ke arah Susan, melihat mimik wajahnya yang kadang salah tingkah jika ku pandang. Jika kita perhatikan Susan dan Icha, masih tampak jelas wajah khas ABG yang sedang ranum, masih terlihat imut menggemaskan. Namun jika dilihat dari segi sikap, Susan cenderung bersikap lebih dewasa dibanding Icha yang benar-benar masih seperti anak SMP.

“Pet... Ke Pak De aja yuk... Beli Es disana sekalian ngadem.” Arman yang baru saja selesai bermain basket berdua Icha, dengan nafas terengah-engah mengajakku ke Pak De.

“Dah puas dikerjain anak kecil..?” Ejekku.

“Dih, Kakak ini... Masa aku masih dibilang anak kecil... Badannya aja yang kecil... Gini-gini dah bisa pacaran loh..” Icha menjawab ejekanku.

“Serius udah punya pacar..?? Gilaa.... Arman aja yang sampe setua ini masih belum pernah pacaran sampe sekarang.” Balasku.

“Masa sih kak... Ga percaya ah...” Jawab Icha sambil melirik Arman sambil tersenyum.

“Dia itu takut sama cewek... Ga berani pacaran...” Lanjutku.

“Setan...!! Ente jangan ngejatuhin pasaran ane dong...!!” Maki Arman sambil melemparku menggunakan botol bekas air mineral.

“Lho... Sukur-sukur ane bilang ga berani pacaran... Daripada ane jujur bilang ente udah punya pacar...” Jawabku cuek.

“Loh... Kak Arman udah punya pacar..?” Tanya Icha sedikit kaget.

“Kancut ini kalo ngomong ga bisa ngerem dikit... Mulutnya ga bisa dijaga..!!” Bisik Arman dan menendangku.

“Tapi sekarang udah putus...”

“Loh... Emang kapan putusnya..?” Tanya Arman dengan polosnya bercampur bingung.

“Kan baru aja... Gimana sih... Ente yang pacaran malah lupa..” Sahutku sambil memberikan kode ke arah Arman sambil menunjuk Icha menggunakan ekor mataku.

“Kalian berdua ini emang aneh...” Sahut Susan sambil melangkah pergi menuju parkiran motor meninggalkan kami.



~--•--~



Siang ini saat jam istirahat, aku berjalan bersama Arman menuju kantin sekolah untuk makan. Arman tak hentinya bercerita tentang Icha. Sepertinya ia mulai menaruh hati kepada anak SMP itu. Setiap membicarakan Icha, Arman selalu berapi-api, bersemangat seakan melupakan pacarnya yang ada di dekat rumah Wulan itu.

“Anaknya imut banget Pet... Periang lagi, enak diajak becanda. Dia ngajakin kita nongkrong lagi di depan kompleks besok..” Ujar Arman.

“Ente kalo emang suka ama dia jadian aja... Putusin dulu pacar ente yang kayak cowok itu. Lagian Icha kayaknya suka juga sama ente.”

“Tapi dia masih SMP Pet... Masih kecil... Mana boleh dia pacaran sama orang tuanya.”

“Ente mau pacaran atau mau nikahin anak orang..? Pake ngurusin orangtuanya segala. Backstreet kan bisa, sampai nanti dia dibolehin pacaran.” Usulku.

“Si Susan kayaknya demen juga sama ente tuh.. Kemaren ane liat dia sering curi-curi pandang gitu ke ente.” Lanjut Arman.

“Sapa yang suka curi-curi pandang..?” Tiba-tiba Triana nyeletuk dari belakang, mengejutkan kami yang asyik ngobrol sambil jalan menuju kantin.

“Eh... Ga... Ituu... Kemaren ada temennya Nuri yang suka curi-curi pandang ke Dimas..” Ujar Arman gelagapan Menyadari Triana yang sudah berjalan beriringan dengan kami.

“Bener nih... Bukannya curi pandang ke Pak Cik..??” Ucap Triana curiga. “ Terus siapa Susan-Susan itu..?” Lanjutnya menginterogasi.

“Anak kecil... Masih SMP tapi udah suka sama Arman... Nah, Armannya juga suka ama dia.” Jawabku.

“Loh... Pacarin aja sih, emang kenapa kalo dia masih SMP..? Asal jangan SMP kelas satu aja, itu sih masih bocah.” Ujar Triana serius.

“Kamu mending jalan duluan aja gih ke kantin... Jangan ikut campur urusan cowok..” Ucap Arman kesal mengusir Triana.

“Hmm... Malah tambah curiga.. Pasti ada apa-apanya neh kalian berdua.. Ini pasti urusan cewek...!!” Tebak Triana.

“Tenang aja Nyil... Aku ga bakal macem-macem kok selama masih ada kamu disini. Aku ama Dian masih aman kok...” Jawabku santai.

“Awas aja kamu cungkring kalo ngajakin Pak Cik macem-macem...!”

“Malah kamu yang repot... Kopet aja ga masalah tuh... Lagian kamu sapanya Kopet? Kok kayaknya kamu yang lebih sewot tiap Kopet ini di deketin cewek. Aku laporin Tamjid loh ntar..” Ancam Arman kesal melihat Tingkah Triana.

“Laporin aja... Aku ga takut kok...” Jawab Triana cuek sambil mempercepat langkahnya dan menarik tanganku berjalan menjauhi Arman.

Kantin siang ini tidak begitu ramai. Aku masih duduk berempat bersama Arman, Triana dan Ayu yang ikut bergabung duduk bersama kami.

Saat sedang asyik menyantap pesanan sambil mengobrol, Wulan tiba di kantin bersama Astri. Ia langsung menyunggingkan senyum begitu melihatku sedang duduk bersama teman-temanku. Ia kemudian menunjuk ke salah satu bangku kosong dan mengisyaratkanku untuk bergabung dengannya.

Aku menggeleng pelan sambil menunjuk ke arah teman-temanku, mengisyaratkan aku sedang ingin kumpul bersama mereka. Namun Wulan dengan raut wajah sedikit kesal memaksaku untuk ikut bergabung dengannya sambil mulutnya mengucapkan kata ‘PENTING’ dengan tanpa suara.

“Waahh... Bakal ribut lagi neh si Kopet sama Triana... Ane ga ikut-ikut dah..” Ucap Arman sambil beranjak hendak pergi meninggalkan meja kami.

Triana yang sudah curiga melihat tingkah Wulan kepadaku langsung menarik tangan Arman hendak meminta penjelasan darinya. Namun Arman seperti enggan menanggapi Triana dan tetap pergi meninggalkan kantin.

Aku yang setelah kepergian Arman dan melihat Wulan yang masih berdiri menantiku berharap aku menghampirinya, akhirnya berdiri juga hendak menghampiri Wulan.

“Bentar Nyil...”

“Kemana Pak cik..?” Triana menarik tanganku, menahanku agar tidak beranjak pergi.

“Bentar doang... Tunggu disini..”

“Ngapain sih kesana..?” Tanyanya sambil merengut.

Aku tak menghiraukan Triana, langsung pergi meninggalkannya yang masih duduk di bangku semula bersama Ayu dengan wajah cemberutnya sambil memperhatikanku yang berjalan mendekati Wulan.

Sementara itu Wulan nampak berseri-seri dan sedikit tersipu malu saat aku mendekatinya. Wajahnya bersemu merah saat aku menegurnya dan duduk tepat di depannya, namun bibirnya tak henti menyunggingkan senyuman yang tampak manis.

“Kak... Itu ceweknya ga papa ditinggalin gitu aja..?” Astri bertanya kepadaku sambil menunjuk Triana menggunakan dagunya.

“Dia bukan cewekku... Dah dibilangin juga kan...” Sahutku. “ Lagian aku kan Cuma bentar aja disini, Wulan kayaknya ada yang mau diomongin ke aku.” Lanjutku.

“Dia Cuma mau bilang kangen ama kakak... Pengen ngajak jalan lagi..”

“Astri apaan sih...!! Ngaco..!! Ga kok Pet... Aku Cuma nawarin makan bareng disini aja...” Potong Wulan cepat sambil mencubit Astri.

“Cie...Cie... Yang udah ga panggil kak lagi..” Goda Astri. “Udah ah... Aku balik aja, ga enak gangguin orang lagi PDKT...” Sahut Astri dan langsung beranjak hendak meninggalkan kami.

“Eh.. Tunggu.. Mau kemana..?” Sahut Wulan panik. Ia pun ikut beranjak hendak mengejar Astri.

“Lah... Pada kabur semua... Katanya pengen ngobrol... Gimana sih...” Ujarku sedikit kesal melihat tingkah kedua cewek itu.

“Haduuhh... Sorry Pet... Gara-gara Astri neh maen tinggal aja... Tar malem ke rumah aja ya... Lanjut ngobrol disana...” Ujar Wulan sedikit berteriak sambil berlari mengejar Astri.

Aku hanya bisa bengong memperhatikan kedua cewek yang pergi dengan cueknya meninggalkanku duduk sendiri. Aku pun hendak beranjak meninggalkan meja itu dan berniat kembali ke mejaku sebelumnya bersama Triana dan Ayu. Namun tanpa ku duga Triana malah datang menghampiriku dan duduk disebelahku.

“Pak Cik... Jujur ya sama aku... Kamu udah pernah jalan ya sama cewek kurus kacamataan tadi..??” Tanyanya tiba-tiba saat ia sudah duduk di sampingku.

“Baru sekali doang... Itu juga bareng Arman kok... Ga berduaan. Itu juga ga lama, bentaran doang...”

“Tapi tetep aja kamu udah jalan ama dia...!!” Triana cemberut memandangku.

“Cuma jalan aja Nyil... Ga ada apa-apa kok... Lagian ga ada bedanya kan sama jalan bareng kamu... Yang penting aku belum selingkuhin Dian...”

“Belum katamu..??” Triana semakin mendelik.

“Eh... Salah... Maksudnya ga selingkuhin Dian...” Ralatku sambil meraih tangannya. Ia sedikit mereda saat ku genggam tangannya.

“Balik yuk... Bentar lagi masuk neh..” Ajakku

“Jangan macem-macem lagi ya Pak Cik... Bukan hanya Dian aja yang bakal kamu sakitin...” Ucapnya pelan sambil berlalu meninggalkanku.

Aku yang tak mengerti maksud ucapannya, dengan rasa heran langsung mengejarnya dan mensejajarkan langkah kami.

“Maksudnya apaan Nyil... Kok bukan hanya Dian aja yang tersakiti..?” Tanyaku.

“Kamu pikir sendiri lah...”

“Kamu maksudnya..?” Tanyaku sambil berusaha meraih tangannya dan menggandengnya.

“Pikir aja sendiri..!! Bego..!!” Bentaknya sambil menepis tanganku dan berjalan cepat meninggalkanku yang masih tertegun mendengar jawabannya.

Aku melangkah gontai memasuki ruang kelas. Arman dan kelompokku masih belum terlihat di dalam kelas, entah kemana mereka. Tapi persetan dengan teman-temanku, pikiranku hanya fokus ke arah Triana yang sudah duduk di bangkunya dengan Ayu, masih dengan wajah yang cemberut.

“Nyil... Tar malem aku maen ke rumahmu ya...” Ujarku sambil duduk di depannya.

“Tar malem aku pergi bareng cowokku... Lagian tar malem kamu kan udah janjian ama cewek kurus kacamataan itu..!!” Sahutnya judes.

“Wulan... Namanya Wulan. Kapan aku janjian sama Wulan..?” Tanyaku.

“Halah... Pake pura-pura bego lagi...!! Semua orang di kantin tadi dengar waktu dia teriak nyuruh kamu dateng kerumahnya tar malem.”

Aku tak bisa membalas argumen Triana, dan sekarang aku hanya bisa diam sambil menatap wajahnya yang masih cemberut. Triana langsung memalingkan wajahnya saat sadar aku menatapnya.

Tak lama teman-teman grupku masuk kelas sambil berteriak riuh. Widi mengumumkan akan ada lagi lomba menghias kelas menyambut hari proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Kami semua langsung menyambut gembira berita tersebut. Dan kami berjanji tahun ini kelas kami harus mendapatkan juara, jangan seperti tahun lalu.

Malam itu selepas maghrib aku bersiap pergi ke rumah Wulan, seperti yang telah kami sepakati tadi siang di kantin.

Sebelum menuju rumah Wulan aku sempatkan mampir ke rumah Triana. Maksudku untuk meminta maaf kepadanya. Namun setibanya disana aku diberitahu oleh ibunya bahwa Triana baru saja keluar bersama Tamjid. Akhirnya aku melanjutkan niatku pergi ke Wulan.

Setibanya di rumah Wulan aku dipersilakan duduk di teras seperti biasa saat aku bertamu kesini. Dan seperti biasa rumah Wulan terlihat sepi di jam-jam begini.

“Katanya ada yang mau diomongin... Makanya nyuruh aku dateng...” Ujarku memecah keheningan setelah aku dipersilakan duduk dan Wulan tak juga mengucapkan sepatah katapun.

“Sapa bilang... Aku kan Cuma bilang pengen ngobrol bareng kamu aja. Yee... Ke Ge eR-an... Hihihihi...” Jawab Wulan mencoba bercanda. “Ngobrol sama kamu tuh enak.. Selalu ada aja topik pembicaraannya.” Lanjutnya.

“Emang kamu pikir aku tukang ceramah... Tukang motivasi gitu...” Balasku menggodanya.

“Ngobrol ama kamu tuh rasanya gimanaa gitu... Seneng aja kalo ngobrol bareng kamu. Aku ini aslinya susah banget loh bisa ngobrol lepas sama orang lain. Tapi kalo sama kamu bisa nyambung gitu. Selalu ada aja bahan obrolan kita.” Sahut Wulan.

“Aku suka sama kamu...” Wulan melanjutkan kata-katanya.

“Hah..???”

“Maksudnya suka caramu mencari bahan obrolan, hingga kita ga diem-dieman kayak orang lagi musuhan gitu. Hihihi....”

“Oohh... Kirain suka sama aku...”

“Suka juga sih... Hihihi...” Jawabnya sambil tersipu.

“Aku juga suka kok sama kamu.” Balasku.

“Boleh ga kalo aku...”

“Jangan dulu Pet... Belum waktunya... Tunggu sampai aku benar-benar yakin dulu yaa..” Potong Wulan cepat.

“Maksudnya..??” Tanyaku kaget.

“Bukannya kamu mau nembak aku..? Jujur aku juga suka sama kamu, tapi aku rasa kita masih terlalu cepat kalo untuk jadi pacar. Paling ga kita penjajakan dulu lah...” Ucap Wulan sambil menunduk.

“Siapa yang nembak...?? Aku tuh mau nanya, boleh ga kalo aku minta minum... Dari tadi tenggorokanku kering..”

“Iiihh... Dasar KOPEETT...!! Kamu bikin malu aku aja... Sebel ah..!!” Wulan salah tingkah, wajahnya memerah mendengar jawabanku. Ia memukul-mukul lenganku sambil merajuk.

“Hahaha... Paling ga aku tau lah kalo aku nembak kamu sekarang bakal ditolak.” Godaku.

“Bodo...!! Sampai kapanpun tetap akan aku tolak..!!” Sahutnya sebal bercampur malu.

Ia kemudian masuk ke dalam rumah dan kembali menemuiku dengan membawa sebotol air dingin dan dua gelas kosong.

“Oya... Besok kan bakal ada acara tujuh belasan lagi di sekolah. Kelasmu ga di hias? Biasanya kita ngedandanin kelas loh sampe malem..” Tanyaku saat Wulan menuangkan air ke dalam gelas dan menyodorkannya kepadaku.

“Aku denger loh cerita tahun lalu yang kalian ngehancurin kelas sampe di segel kepala sekolah. Hehehehe.. Emang parah ya kalian anak SOS...” Ujar Wulan.

“Wew... Itu sih karena kita pada teler semua... Tapi tahun ini kita bakal jadi yang paling bersih lah... Kita udah janji sama bu Ainun buat membayar kelakuan kita tahun kemaren dengan menjadi yang terbaik di sekolah tahun ini.”

“Kayaknya anak-anak kelasku juga pada mau dateng ke sekolah besok malem. Aku pengen ikut sih... Tapi ga sampe nginep yang pasti..”

“Bareng aja kalo gitu. Mau aku jemput besok..??” Tanyaku menawarkan diri.

“Ga usah lah... Aku biar dianter Papa aja.. Tar baliknya bisa bareng anak-anak yang lain.” Tolak Wulan.

Kami mengobrol membahas tentang rencana acara rutin tahunan sekolah kami hingga hampir larut malam. Setelah puas ngobrol dan bercanda aku akhirnya pamit pulang karena sudah cukup lama aku bertamu ke rumah Wulan.

Sepulang dari rumah Wulan aku sempatkan mampir ke salah satu wartel untuk menelpon Dian. Kami saling bertukar kabar dan melepas rindu lewat telepon. Aku menceritakan rencana teman-temanku untuk kembali menghias kelas kami seperti tahun lalu.

“Ingat loh beib... Jangan seperti tahun lalu... Nginep di kelas terus mabuk-mabukan. Pokoknya aku ga mau denger kamu mabuk lagi. Aku ga suka...” Dian mengingatkanku.

“Iya honey... Kita ga mungkin akan buat masalah yang sama lagi. Pokoknya tahun ini kita nginep di kelas dan benar-benar untuk menghias kelas dan ga ada lagi yang boleh bawa minuman.”

“Ga usah pake nginep segala lah... Tar ujung-ujungnya pasti gitu lagi beib...”

“Kali ini ga kok honey... Bu Ainun berjanji akan datang mengawasi kami menghias kelas. Jadi ga mungkin kami akan berbuat macam-macam.”

Sempat beberapa kali kami beradu argumen, namun aku selalu bisa meyakinkan Dian untuk percaya padaku. Akhirnya Dian pun mengijinkan aku untuk nginap di sekolah bersama teman-temanku.

“Beib... Kamu sadar ga kalo hubungan kita ini sudah setahun...? Maksudku kita jadiannya kan setelah tujuh belasan.”

“Iya honey... Aku selalu ingat kok...”

“Sayang ya kita ga bisa barengan ngerayain hari jadi kita... Aku bener-bener kangen sama kamu beib... Aku pengen kita ngerayain hari jadi kita di tempat kita jadian dulu.” Ucap Dian. Suara manjanya terdengar mulai berubah seakan sedang menahan tangis.

“Kali ini mungkin kita ga bisa bersama honey... Tapi tahun-tahun selanjutnya kita pasti bisa ngerayain berdua terus.”

“Aku kangen kamu beib... Tapi di tahun pertama anniversary kita malah ga bersama.” Dian terdengar sudah mulai sesungukan menahan tangisnya.

“Yang sabar honey... Tahun depan aku janji bakal ngerayain anniversary kita sepuasnya.” Hiburku.



Keesokan harinya kelasku sibuk mempersiapkan rencana untuk nanti malam. Rencananya bukan hanya teman-teman satu grupku saja yang hendak menginap di sekolah. Hampir seluruh murid cowok di kelasku ingin ikut menginap membantu menghias kelas. Bahkan Triana dan Ayu akan ikut datang juga membantu kami, namun Triana tidak mau menginap.

“Tar malem aku jemput kamu Nyil...” Sapaku.

“Ga usah... Aku udah janji bakal dianter Tamjid tar malem.” Tolak Triana. Aku hanya bisa terdiam mendengar jawabannya. Mungkin ia masih marah kepadaku, pikirku.

“Pulangnya aja kamu anterin. Awas kalo ga..!!” Ucapnya sambil mengepalkan tangan ke wajahku.

“YESS...!!” Jawabku sambil mencubit pipinya. Ternyata Triana sudah tidak marah lagi padaku.

Malamnya kami berkumpul di kelas sesuai kesepakatan. Widi langsung membagi tugas untuk kami semua.

Ada beberapa kelas yang malam itu siswanya ikut kerja bakti menghias kelas masing-masing. Salah satunya adalah kelasnya Wulan dan Yunita, pacar Widi. Namun hingga detik ini aku masih belum melihat Wulan yang kemaren katanya akan ikut serta menghias kelasnya.

Setelah tugas para cewek selesai, Triana menagih janjiku untuk mengantarnya pulang. Aku pun pamit sebentar ke teman-temanku untuk mengantar Triana.

“Nyil... Besok malam jalan yuk... Temenin aku malem mingguan.” Pintaku.

“Ga bisa Pak Cik... Besok Tamjid ngajak jalan-jalan juga. Malem minggu kemaren kan kita udah keluar... Tar dia curiga kalo aku nolak lagi.”

“Hmm.. Ya udah lah... Tar aku bareng Arman aja lah.”

“Kamu ga ngapel ke rumah Wulan..?” Tanyanya tiba-tiba.

“Ngapain ngapel kesana... Kan dia bukan pacarku.”

“Sapa tau aja udah jadian. Semalem kamu jadi kan kerumahnya..” Sahut Triana sedikit ketus. Aku tak menjawab pertanyaannya.

Jiah... Diungkit lagi masalah kemarin. Aku pikir Triana sudah melupakan kejadian kemarin. Ternyata ia masih menyimpan rasa kesal terhadapku.

Sesampainya di depan rumah, Triana tanpa menawarkanku untuk mampir, ia turun dari motorku dan langsung masuk tanpa menegurku. Sepertinya ia kembali marah padaku. Aku pun dengan rasa jengkel langsung menggeber motorku melajukannya kembali ke sekolah.

Sesampainya di gerbang sekolah aku melihat Arman dan beberapa temanku sedang nongkrong di depan gerbang sambil merokok. Melihat kedatanganku Arman langsung mencegat dan memberhentikan motorku.

“Pet... Ada Wulan tuh di parkiran, kayaknya lagi ngobrol sama temennya, cowok. Ente samperin gih...” Arman memberitahuku sambil menunjuk ke arah parkiran motor yang lumayan gelap.

“Ngapain dia ngobrol gelap-gelapan gitu..?” Tanyaku.

“Mana ane tau... Makanya ente samperin. Jangan-jangan dia di gangguin sama Cowok itu. Kalo ada apa-apa kan lumayan kita bisa olahraga malem dikit...” Sahut Arman.

Aku mengikuti saran Arman menghampiri Wulan yang sedang berdiri diantara motor-motor yang parkir dan tersenyum ke arah Wulan saat hendak menegurnya. Aku berharap Wulan akan senang mellihatku dan mengajakku untuk ngobrol berdua dengannya.

Namun perkiraanku meleset. Wulan nampak kaget melihat kehadiranku. Dengan wajah yang nampak panik ia dengan cepat memberi isyarat tangan mengusirku menyuruhku menjauh darinya. Aku yang kaget melihat reaksi Wulan langsung diam mematung. Aku ikut memberikan isyarat bertanya ‘kenapa..?’ kepadanya, namun Wulan tetap menyuruhku untuk menjauhinya.

Lelaki teman Wulan berbicara, yang duduk diatas motor membelakangiku langsung menoleh ke arahku.

“Ada apa mas..?” Tanyanya kepadaku.

Aku baru saja hendak menjawab pertanyaannya dan berniat menegur Wulan, namun tiba-tiba Wulan menarik tangan lelaki tersebut dan memegang kepalanya untuk kembali memperhatikan Wulan. Kembali Wulan melambaikan tangan ke arahku mengisyaratkan agar aku menjauhi mereka dengan wajah khawatir dan ketakutan.

DEG...!!

Ini pasti ada apa-apanya, pikirku. Mungkin lelaki tersebut adalah kekasih Wulan. Malas mencari ribut aku langsung pergi meninggalkan Wulan dan kembali berkumpul dengan teman-temanku.

Arman yang melihatku sudah kembali merasa heran. Ia bertanya padaku namun aku tak mau memberitahunya. Aku pun mengajak teman-temanku untuk kembali masuk ke dalam kelas dan melanjutkan pekerjaan kami yang belum selesai.

Aku sengaja mengajak teman-temanku masuk kelas dan tidak menceritakan kejadian tadi untuk menghindari keributan yang bisa saja terjadi.

Tak lama Setelah kembali ke kelas, saat kami sedang sibuk merapikan kelas, tiba-tiba Wulan muncul di depan kelasku dan memanggilku.

Ia menjelaskan tentang kejadian di parkiran tadi. Ternyata benar dugaanku. Lelaki yang diajak ngobrol Wulan tadi adalah pacarnya, atau lebih tepatnya mantan pacar.

Wulan menceritakan kepadaku bahwa mantannya itu mengajaknya untuk baikan lagi dan melanjutkan hubungan mereka yang sempat putus. Aku yang sudah terlanjur kesal dan kecewa tak mau mendengarkan semua omongan dan penjelasan Wulan.

Aku mengusir wulan secara halus dengan berkilah masih banyak pekerjaan yang belum kami selesaikan. Wulan dengan mata yang sedikit sembab akhirnya meninggalkanku.

Keesokan harinya saat jam pelajaran matematika baru saja berakhir, Budi sang ketua OSIS koplak menghampiriku dan memberikan secarik kertas.

“Dari Wulan...” Ucapnya singkat.

Ku menerima secarik kertas pemberian Budi dan membacanya. Aku mengenal tulisan yang ada didalam kertas itu. Isinya cukup singkat :

Aku pengen ketemu kamu tar jam istirahat di belakang kantin. Aku mohon kamu mau menemuiku. SNW.’

Aku langsung meremas kertas itu dan melemparnya ke bak sampah. Aku langsung keluar dari kelas setelah meminta ijin ke guru Ekonomi yang baru saja masuk ke kelasku. Setelah memperoleh ijin aku bergegas menuju kelas Wulan tanpa mau menunggu saat jam istirahat tiba.

Kelas Wulan masih belajar saat aku tiba di depannya. Aku langsung memperhatikan ke arah Wulan dan memanggilnya. Wulan melihatku dan bertanya dengan bahasa isyarat. Aku mengisyarakan kepada Wulan untuk minta ijin keluar kelas menemuiku.

Tak berapa lama Wulan pun keluar kelas. Aku mengajaknya pergi ke belakang kantin agar kami bisa berbicara tanpa ada yang melihat.

“Ngomong sekarang... Aku ga mau nunggu sampai nanti jam istirahat.” Sahutku.

“Maafin aku Pet...” Hanya kata itu yang keluar dari mulut Wulan.

“Maaf kenapa..? Kalo untuk masalah semalem lebih baik kamu bisa pikir lagi deh...”

“Lebih baik kamu jangan temui aku lagi ya... Jangan dateng ke rumahku, jangan telpon aku.” Ucapnya sambil menunduk.

“Kenapa..? Kamu lebih milih dia..?” Tanyaku.

“Dia masih sayang sama aku...”

“Tapi aku juga mulai suka sama kamu...”

“Aku juga suka sama kamu... Aku juga pengen jadi cewekmu, tapi aku ga bisa...”

“Ga bisa kenapa..? Kamu tinggal pilih aku terus lupain dia.. Gampang kan...” Sahutku emosi.

“Tapi aku juga masih sayang sama dia Pet...”

“Itu artinya kamu Cuma mempermainkan aku aja... Kamu Cuma jadiin aku pelarianmu..”

“Apa bedanya sama kamu...!! Kamu masih tetap pacaran sama cewekmu yang kuliah itu, sedangkan sekarang kamu juga berusaha untuk macarin aku..!!” Teriaknya. Aku tak bisa menjawab semua perkataan Wulan.

“Lupain aku...” Ucapnya sambil berlalu meninggalkanku yang masih mematung disana.

Hari ini aku benar benar merasa sangat kecewa. Perasaan yang bercampur aduk antara marah, sedih dan kecewa karena secepat itu aku harus disuruh melupakan seseorang yang baru saja merasa dekat dengannya. Apa mungkin ini karma untukku karena berusaha mencoba tidak setia kepada Dian...??



Sore itu aku melajukan mobil menuju pantai senggigi... Kupacu mobilku seorang diri ke arah bukit malimbu, tempat aku dan Dian sering menghabiskan waktu bersama, tempat dimana kami pertama kali saling menyatakan cinta.

Seminggu tepat setelah acara tujuh belasan merupakan hari jadi kami. Dan sore ini aku berdiri seorang diri di tepi tebing tanpa menghiraukan phobiaku menatap matahari senja yang perlahan turun ke batas cakrawala sambil membayangkan Dian berada disisiku.

Tuhan... Aku benar-benar tak bisa jika tak ada Dian disisiku. Aku benar-benar merasa hampa bila tak ada seseorang yang mendampingiku. Kembali terngiang diingatanku bagaimana aku dan Dian selalu menghabiskan waktu di tempat ini memandang matahari tenggelam, suasana senja kesukaan Dian.

Angin sore yang menghembus cukup kencang membuatku sedikit menggigil. Aku beranjak dari tempat itu menuju mobilku. Di dalam mobil kembali aku merenung dan membayangkan Dian ada disisiku. Untuk menemani kesendirianku, aku menyalakan radio di mobilku. Terdengar beberapa pendengar radio yang menelpon meminta diputarkan lagu favorit mereka. Samar ku dengar radio mobilku mulai memainkan lagu dari SANG ALANG.

Entah kenapa aku jadi kembali teringat tentang Triana yang masih marah padaku. Seharian tadi ia tidak mau berbicara denganku.

Damn...!!

Dian yang berada jauh di pulau seberang sana, dan Wulan yang sudah pergi dariku, jangan lagi ditambah Triana meninggalkanku.




Di pantai ini
Ku nikmati nyanyian dedaunan
Mengalun manis di mainkan angin
Mengajakku tuk kembali
Mengenang setahun yang lalu
Kala itu mimpiku dan mimpimu
Masih menyatu

Kala hadir turun senja
Kau bersandar di bahuku
Kita nikmati senang mendera
Dan kau tulis nama kita
Diatas pasir putih
Sambil kau berucap
Semoga cinta kita kan abadi

Andai saat ini kau ada di sisiku
Ku takkan sendiri
Dan tak sekedar mengenang
Cinta kita yang pernah ada

Sendiri ku kembali
Mencari cintaku yang hilang
Hamparan pasir putih
Dan ombak yang bergulung
Hingga mentari senja
Adakah kau simpan kisahku
Yang terbenam bersamamu

-------------------------------------------

No comments:

Post a Comment